Pengaruh media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN Asemrowo Surabaya

Fitriani, Alifia Nur (2020) Pengaruh media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V mata pelajaran matematika SDN Asemrowo Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (781kB)
[img] Text
cek plagiasi skripsi.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui respons siswa setelah menggunakan media pada pembelajaran matematika di SDN Asemrowo Surabaya. Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya usaha meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Kecenderungan siswa tidak mau bertanya saat mengalami kesulitan belajar dan penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat harus dihindari agar siswa dapat memahami materi. Media pembelajaran roda pintar adalah media yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis dalam kegiatan diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Asemrowo Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa adalah uji independent sample t test, sedangkan untuk menghitung persentase angket respons siswa menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis tes diperoleh dari uji independent sample t test diperoleh nilai t hitung = 5,538 > t tabel = 1,6772 artinya Hο ditolak dan Hα diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Asemrowo Surabaya pada pembelajaran matematika materi penyajian data. Besar pengaruh media roda pintar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah 37,28%. Sedangkan hasil analisis angket respons siswa memperoleh rata-rata persentase 86,92% yang menunjukkan bahwa respons siswa sangat tinggi ketika melakukan pembelajaran matematika menggunakan media roda pintar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Roda Pintar, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: 65 Alifia Nur Fitriani uwks
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:05
Last Modified: 13 Aug 2020 06:05
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6788

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year