Nander, Claudia Debora (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trapesium Dengan Pendekatan Kontekstual dan Memperhatikan Tingkat Berpikir Geometris Siswa Kelas VII SMPK Karitas 2 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
Abstract
Nander, Claudia, Debora. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trapesium Dengan Pendekatan Konstekstual dan Memperhatikan Tingkat Berpikir Geometris Siswa Kelas VII SMPK Karitas 2 Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Dosen Pembimbing: (1) Herfa Maulina DS, S.Si, M.Pd (2) Meilantifa, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Tingkat Berpikir Geometris. Matematika merupakan salah satu dari mata pelajaran yang harus oleh ditempuh setiap siswa dalam berbagai jenjang maupun tingkatan serta bidang kejuruan. Karena berbagai aspek ilmu pengetahuan lain berkembang dari pada matematika itu sendiri. Salah satu materi yang diajarkan dalam matematika sekolah adalah geometri. Materi geometri memiliki peranan yang penting karena dalam matematika banyak konsep yang diterangkan melalui bantuan bentuk-bentuk geometris. Adanya perbedaan pola dan tingkat berpikir setiap siswa akan menjadi hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam melakukan pemahaman akan konsep matematika. Hal ini pula akan menjadi tantangan bagi seorang guru dalam memberikan metode pembelajaran yang harapannya dapat mengubah dan mengembangkan pola berpikir siswa dalam pemahaman konsep matematika. Maka diperlukan inovasi baru dalam penerapan pembelajaran geometris pada siswa. Penulis tertarik melakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran materi trapesium yaitu RPP dan LKS dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan memperhatikan tingkat berpikir geometris siswa berdasarkan model van Hiele pada siswa kelas VII SMPK Karitas 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengembangan, metode yang dipakai adalah panduan wawancara oleh 7 subyek untuk mengetahui tingkatan berpikir siswa dan pengembangan perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) yang divalidasi oleh validator kemudian dilakukan uji coba terbatas terhadap subyek. Berdasarkan analisa data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa tingkat berpikir geometris siswa kelas VII SMPK Karitas 2 Surabaya terbagi dalam 3 tingkat yaitu tingkat 0 (pengenalan) terdiri dari 2 siswa, tingkat 1 (analisis) terdiri dari 3 siswa, dan tingkat 2 (pengurutan) terdiri dari 2 siswa, selain itu hasil dari validasi dan uji coba terbatas terhadap pengembangan perangkat yang ada menunjukan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dengan rincian sebagai berikut : rata-rata kevalidan RPP adalah 4,11, rata-rata kevalidan LKS adalah 4,06. RPP dan LKS dapat digunakan dengan sedikit revisi dari validator. Rata-rata skor siswa dalam mengerjakan LKS adalah 91, dan presentase respon positif siswa adalah 88,09%.
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Tingkat Berpikir Geometris |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Claudia Debora Nander |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 06:25 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 06:25 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6127 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year