Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Probing Prompting Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPK Karitas II Surabaya

Simanjuntak, Rumiris (2020) Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Probing Prompting Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPK Karitas II Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (645kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Simanjuntaak, Rumiris. 2020. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Probing Prompting Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPK Karitas II Surabaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Dosen pembimbing: (1) Drs. Heni Sukrisno, M.Pd. (2) Herfa Maulina DS, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Probing prompting, Efektivitas Penelitian ini dilatarbelakangi dari minat belajar siswa yang kurang terutama dalam pelajaran matematika. Dan selama ini penilaian belajar hanya selalu berakhir pada hasil belajar tanpa memperhatikan keefektivan dari pembelajaran yang berlangsung. Model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar peserta didik terutama dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran Probing Promting. Karena model pembelajaran Probing Promting merupakan model pembelajaran dimana guru menyajikan pertanyaan yang bersifat menuntun serta menggali sehingga terdapat proses berpikir dan keterfokusan dalam memperhatikan pembelajaran sehingga dapat mengaitkan pengetahuan bagi setiap peserta didik. Dari latar belakang tersebut penelitian ini berfokus pada efektivitas pembelajaran matematika dengan model probing prompting pada materi aritmatika sosial kelas VII smpk karitas II Surabaya Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah : lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa. Berdasarkan focus penelitian, pada efektivitas pembelajaran matematika dengan model probing prompting dijelaskan melalui tabel dan persentase dari keempat aspek yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa. Hasil penelitian secara analisis Derskriptif kuantitatif menyatakan bahwa pembelajaran matematika dengan model probing prompting pada materi aritmatika sosial kelas vii smpk karitas II Surabaya dinyatakan efektif. Hal ini bisa dilihat dari empat aspek yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,22, aktivitas siswa dikategorikan cukup aktif karena mencapai rata-rata ≥ 2,0, hasil belajar yang mencapai 80,95 % secara klasikal, dan respon siswa rata-rata mencapai ≥ 83,33 menyatakan suka, ya dan setuju.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Probing prompting, Efektivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PKM/ LPPM/BP3 > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Rumiris Simanjuntak
Date Deposited: 11 Mar 2020 05:55
Last Modified: 11 Mar 2020 05:55
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year