Perbandingan antara dampak program gerakan literasi sekolah dengan program gerakan literasi bimbingan belajar Terang Surabaya di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Miftahul Ulum Surabaya

Illahi, Indah Nur (2020) Perbandingan antara dampak program gerakan literasi sekolah dengan program gerakan literasi bimbingan belajar Terang Surabaya di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Miftahul Ulum Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Cover-daftar lampiran.pdf

Download (421kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Peran pengajar di sekolah adalah meningkatkan daya pemahaman dan pengembangan akan bahan bacaan. Adanya program dari pemerintah yang menggalakkan Gerakan Literasi Sekolah, maka seharusnya sekolah sudah memiliki standarisasi pencapaian target program literasi. Ditambah dengan kerjasama dari Bimbingan Belajar Terang Surabaya yang juga menerapkan program literasi, akan lebih meningkatkan kebiasaan berliterasi. Namun dengan kondisi pengelolaan perpustakaan masih belum terlaksana dengan baik, maka penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) dampak program gerakan literasi sekolah, dan (2) faktor pendukung gerakan literasi sekolah yang dibandingkan dengan program “Literasi” oleh Bimbingan Belajar Terang Surabaya. Subjek penelitian siswa-siswi di Madrasah Ibtidaiyah Ma’Arif NU Miftahul Ulum Surabaya. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif. Penetapan informan dengan prosedur purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kesimpulan adalah : (1) Dampak program gerakan literasi sekolah yang dibandingkan dengan program literasi oleh Bimbingan Belajar Terang Surabaya meliputi : (a). Adanya peningkatan membaca pada anak-anak, yang dominan buku bacaan cerita dongeng, buku bacaan umum, dan semakin fasihnya pembacaan Al-Qur’an. (b) Semakin memahami tentang cara dalam menyeleksi informasi guna kebutuhan pemahaman dalam kegiatan belajar mengajar. (c) Menambah kosakata bahasa dan perbendaharaan bahasa bagi siswa. (2) Faktor pendukung dalam program literasi sekolah meliputi : (a) Terdapat kolaborasi pembinaan dari Bimbel Terang Surabaya yang mendorong peningkatan pada siswa-siswi mampu menjadikan sekolah berbasis literasi. (b) Metode yang digunakan dari Bimbel Terang Surabaya mampu sebagai penyegar dengan pembelajaran yang menyenangkan dan mampu merubah peningkatan literasi disekolah. (c) Madrasah Ibtidaiyah Ma’Arif NU Miftahul Ulum Surabaya memiliki keseimbangan literasi di bidang akademik dan non akademik, sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport dan nilai tugas sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Gerakan Literasi Sekolah, dan Minat Baca
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Indah Nur Illahi
Date Deposited: 11 Feb 2020 05:03
Last Modified: 11 Feb 2020 05:03
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5673

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year