Imaniar, Alfa Nuril (2019) Representas Sensualitas Foto Model Perempuan Pada Media Online Otomotif Otosia.com. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
file upload alfa.pdf Download (786kB) |
Abstract
ABSTRAK Tubuh perempuan bukan hanya sesuatu secara biologis saja melainkan memiliki makna secara sosiologis dengan berbagai atribut dan simbol yang melekat pada tubuh yang diartikan milik individu, melainkan milik sosial. Dimana segala hal yang berkaitan dengan tubuh akan dinilai dan dikonstruksi dalam media yang mempunyai kekuasaaan atas tubuh perempuan Penelitian ini lebh focus pada pada media online otomotif dari otosia.com karena terdapat kumpulan foto yang yang membuat tertarik untuk diteliti bahwasanya terdapat banyak kumpulan foto sensualitas model perempuan di dalam berita otosia.com yang berpose dengan erotis dan lebih membuka tubuhnya kepada publik yang bahkan menunjukkan sebagian tubuhya yang sensitif untuk berpose dengan menggunakan otomotif seperti mobil dan sepeda motor sebagai propertinya dimana tentu tidak ada kaitannya dengan tubuh perempuan dengan otomotif . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi sensualitas foto model perempuan pada media online otomotif otosia.com, dan mengetahui pesan ideology yang membentuk sensualitas foto model perempuan pada media online otomotif otosia.com. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode semiotika dari Roland Barthes dan dengan pendekatan Struart hall terkait sebuah tanda denotative dan konotatif yang tersirat di dalam foto model dengan mengetahui maksud dari tanda-tanda dalam makna tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Foucault terkait wacana kekuasaan media dalam seksualitas serta menggunakan teori feminist liberal sebagai pisau analisis dalam representasi sensualitas pada media online otomotif di otosia.com. Hasil penitian ini adalah dimana representasi foto model di otosia.com yang ada tanda menjadi sensual dengan melihat pakaian yang terbuka, dengan pose yang bagian tubuh pentingnya di tonjolkan seperti bokong dan payudara yang mengundang nafsu kegairahan yang dapat dimaknai oleh ideology patriarki atas sensualnya. Serta media yang berkuasa akan membentuk ideology kapitalis pada suatu iklan yang memggunakan perempuan sebagai objek. Dimana perempuan mengkomodifikasi tubuhnya untuk menunjukkan kecantikannya dengan melalui mitos kecantikan maka perempuan mempergunakan sebagai tubuhnya untuk membentuk sensulitas pada representasi dari sensualitas pada media online otomotif di otosia.com representasi, sensualitas, ideology , maskulinitas, stereotip
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representasi, sensualitas, ideology , maskulinitas, stereotip |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences |
Depositing User: | Alfa Nuril Imaniar |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 02:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 02:51 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/5015 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year