Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik

vinilia, siti rosita (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik. Bachelor (S1) thesis, universitas wijaya kusuma surabaya.

[img] Text
Judul.pdf

Download (763kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

File ini memuat : -halaman judul -halaman persetujuan yang di tanda tangani oleh dosen pembimbing -halaman pengesahan yang sudah di tanda tangani oleh dewan penguji/dekan fakultas -lembar surat pernyataan bebas plagiasi dan persetujuan publikasi karya ilmiah yang di tanda tangani oleh penulis dengan materai -halaman persembahan/motto -halaman kata pengantar -daftar isi -daftar tabel -halaman abstrak

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda yang diperoleh dari beberapa siswa masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pencapaian siswa yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan sekolah yaitu ≥75. Rendahnya mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda nilai siswa kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik yang mungkin disebabkan metode yang digunakan Guru Sekolah Dasar. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw memberikan kesempatan kepada siswa dalam dalam berinteraksi dan berbagai informasi untuk menambah wawasan dan pemahaman, sehingga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktifitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar kelas V pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw SDN Gadung Driyorejo Gresik. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa,hasil belajar siswa tema peristiwa dalam kehidupan Kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar siswa pada tahun pelajar 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan setting penelitian di SDN Gadung Driyorejo yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik angket, teknik tes. kelas V SDN Gadung Driyorejo Gresik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru mencapai kategori baik sekali. Aktivitas siswa mengalami sangat aktif pada saat guru menerpkan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, respon siswa dinyatakan positif setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa mengalami tuntas secara klasikal. Berdasarkan keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gadung Driyorejo-Gresik.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Siti Rosita Vinilia
Date Deposited: 10 Sep 2019 00:52
Last Modified: 10 Sep 2019 00:52
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year