Reda, Stefanus (2019) Persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan sumber-sumber informasi di Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.
Text
Halaman Lampiran skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Sumber-sumber Informasi di Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Perpustakaan Perguruan Tinggi, tentunya sangat dibutuhkan manfaatnya bagi semua Civitas Akademika, guna menunjang sarana Pendidikan serta mutu Pendidikan yang bagus dan optimal. Perpustakaan Perguruan Tinggi sebagai Lembaga di bidang Pendidikan diharapkan dapat menjadi tumpuan harapan bagi mahasiswa sebagai saran dalam mencari jenis-jenis koleksi sumber informasi yang untuk mengetahui dan menggambarkan Persepsi Mahasiswa Terhadap Sumber Informasi di Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penelitian ini di fokuskan pada Koleksi Sumber Informasi yang ada di Perpustakaan. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Deskriptif, dan menggunakan teknik analisa Kuantitatif, dengan populasi Mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan dalam bulan Januari sebanyak 1052 orang. Dari data ini diambil pengunjung perharinya 44 orang dari rata-rata kunjungan populasi. sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel acak sederhana dengan tarif kesalahan 1% dari 44 orang jumlah populasi, maka diperoleh sampel untuk penelitian ini adalah 42 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner, wawancara dan teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah pengecekan data, seleksi data mengode data (coding) dan tabulasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaataan Sumber-Sumber Informasi di Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya diperoleh data intensitas kunjungan ke Perpustakaan tergolong sedang karena mahasiswa jarang untuk berkunjung ke perpustakaan, didukung oleh persepsi terhadap nilai kemanfaatan sumber informasi primer digolongkan Bermanfaat karena sangat membantu untuk memenuhi kabutuhan informasi mahasiswa, persepsi terhadap nilai kemanfaatan sumber informasi sekunder dinyatakan Sangat Bermanfaat karena sangat membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah, meningkatkan pengetahuan, membantu mahasiswa untuk mendapatka informasi yang dibutuhkan, persepsi terhadap nilai kemanfaatan sumber informasi tersier tergolong Bermanfaat karena saangat membantu maahasiswa untuk mencari informasi, menambah wawasan berpikir, meningkatkan pengetahuan agar tidak ketinggalan informasi, dan persepsi terhadap nilai kemanfaatan sumber informasi dinyatakan Cukup Bermanfaat karena tingkat kemauan mahasiswa untuk memanfaatkan koleksi sumber informasi di Perpustakaaan sangat rendah. Mahasiswa lebih banyak media online untuk mencari informasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mahasiswa, Sumber Informasi, Perpustakaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | Stefanus Reda |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 08:42 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:42 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3492 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year