Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu pada Pembelajaran Penghitungan Waktu bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Rohmawati, Dyah and Bahtiar, Reza Syehma and Dayat, Tri (2019) Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu pada Pembelajaran Penghitungan Waktu bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3 (1). pp. 14-23. ISSN 2549-0125

[img] Text
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN WAKTU PADA PEMBELAJARAN PENGHITUNGAN WAKTU BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu materi matematika yang dianggap siswa sulit adalah penghitungan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media papan waktu dalam pembelajaran penghitungan waktu. Penelitian ini mengunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, observasi, dan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil belajar siswa, analisis data aktifitas guru, analisis data aktifitas siswa, dan analisis data respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil belajar siswa dikatakan tuntas secara klasikal karena presentase yang diperoleh lebih dari kriteria ketuntasan hasil belajar klasikal yaitu sebesar 83,79 % dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa yang tuntas belajar dan enam siswa yang tidak tuntas belajar. Observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran penghitungan waktu dengan menggunakan media pembelajaran papan waktu dikatakan sangat baik karena hasil yang diperoleh sebesar 92,5. Observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran penghitungan waktu dengan menggunakan media pembelajaran papan waktu dikatakan sangat baik karena presentase yang diperoleh sebesar 90 %. Sedangkan respon yang diberikan siswa saat menggunakan media pembelajaran papan waktu dikatakan positif karena presentase yang diperoleh sebesar 82,64%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di sekolah dasar tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan waktu pada pembelajaran penghitungan waktu bagi siswa kelas III Sekolah dasar tahun ajaran 2017-2018 adalah efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media papan waktu, penghitungan waktu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:19
Last Modified: 01 Mar 2019 07:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year