Implementasi Microteaching dengan Pembelajaran Tematik untuk Mengetahui Tingkat Teacher’s Self-Efficacy Mahasiswa PGSD

Suryarini, Diah Yovita and Bahtiar, Reza Syehma (2018) Implementasi Microteaching dengan Pembelajaran Tematik untuk Mengetahui Tingkat Teacher’s Self-Efficacy Mahasiswa PGSD. In: Prosiding Seminar Nasional “Profil Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0”, 11 Agustus 2018, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[img] Text
Prosiding unipa.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengkaji implementasi kelas micro (selanjutnya akan disebut dengn microteaching) dengan pembelajaran tematik untuk mengukur teacher’s self-efficacy mahasiswa PGSD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat self-efficacy mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD setelah melakukan microteaching dengan pembelajaran tematik dimana pembelajaran tematik memerlukan keterampilan guru untuk mengorganisasi beberapa mata pelajaran dalam satu tema untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Sedangkan, secara umum, teacher self-efficacy merupakan rasa keyakinan seorang guru untuk mampu melakukan suatu kegiatan belajar mengajar agar dapat terlaksana dengan baik. Selain itu rasa kemampuan diri tersebut akan membuat guru mampu bertahan dan berinovasi dalam proses belajar mengajar dan mempengaruhi performa guru dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan akan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya dengan kuesioner untuk mengetahui tingkat teacher self-efficacy dari mahasiswa PGSD setelah melakukan microteaching dengan pembelajaran tematik serta observasi untuk mendukung data dari kuesioner tersebut. Kuesioner menggunakan teacher self-efficacy scale dari Tschanen-Moran and Hoy. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat teacher self-efficacy dari mahasiswa PGSD setelah melakukan microteaching dengan pembelajaran tematik yang didukung adanya umpan balik dari dosen pengampu dan rekan kelas. Dengan melakukan microteaching dengan pembelajaran tematik akan memberi pengalaman bagi mahasiswa PGSD sehingga mampu menumbuhkan teacher self-efficacy yang diperlukan oleh calon guru untuk dapat merasa yakin akan kemampuannya dalam melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran tematik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: microteaching, pembelajaran tematik, teacher self-efficacy, mahasiswa PGSD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 07 Jan 2019 05:11
Last Modified: 07 Jan 2019 05:11
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2951

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year