Peran pemimpin menciptakan sinergitas kerja dalam pelayanan publik bidang informasi: Pemanfaatan strategi komunikasi guna mewujudkan pelayanan prima perpustakaan dalam perspektif sosio politik

Bakhtiyar, . (2017) Peran pemimpin menciptakan sinergitas kerja dalam pelayanan publik bidang informasi: Pemanfaatan strategi komunikasi guna mewujudkan pelayanan prima perpustakaan dalam perspektif sosio politik. TIBANDARU, 1 (1). pp. 17-46. ISSN 2598 - 5094

[img] Text
artikel(7).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan adalah suatu organisasi kerja pelayanan publik, yang bergerak di bidang pengumpulan dan penghimpunan, pengolahan, penyajian dan penyebaran informasi, dengan tujuan memberikan pelayanan prima, agar tingkat kepuasan pemustaka dapat terpenuhi secara optimal. Dalam mencapai produktifitas dan kualitas kerja harus didukung situasi dan kondisi kerja yang kondusif, maka dibutuhkan pemimpin. Obyek kajian bertumpu tentang content penerapan strategi komunikasi oleh peminpin dalam pelayanan publik. Ruang lingkup kajian berfokus pada sinergitas kerja, yang terwujud dalam pelayanan prima perpustakaan. Secara metodologis kajian ini, menggunakan pendekatan sejarah (historical approach), dengan menggunakan data primer yang dianggap sebagai sumber informasi primer. Metode kajian yang digunakan dalam pencarian data yang berisikan informasi penting adalah kajian perpustakaan atau studi pustaka (library research) dengan membaca berbagai literature. Analisis kajian dilakukan dengan menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Sumber analisa berasal dari kajian bahan-bahan pustaka, yang berisi teoritis, penelitian dan kajian bukan penelitian. Di samping itu, juga dilakukan analis isi (content analysis). Observasi atau pengamatan sehari-hari di perpustakaan digunakan sebagai pelengkap untuk mendukung konstruksi teoritis. Hasil kajian ini adalah sebagai berikut : (1) kunci kepercayaan pemustaka terhadap perpustakaan adalah terletak pada kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. (2) kualitas pelayanan prima perpustakaan, dapat dilakukan melalui perubahan visi, misi dan orientasi pelayanan berfokus kepada kepentingan pemustaka. (3) organisasi publik harus memperhatikan prinsip kerjasama dan partisipasi pegawai di dalam organisasi, serta harus senantiasa melakukan perbaikan secara terus menerus. (4) pemimpin dalam berbagai strata piramida suatu organisasi perpustakaan, harus memberikan dukungan dan komitmennya kepada bawahan, yang selalu mengabdi atau berdedikasi dan dukungan serta komitmennya kepada para pemustaka (5) peran pemimpin perpustakaan, baik pimpinan dalam level paling bawah sampai dengan level teratas, harus dapat menciptakan situasi dan kondisi kerja yang kondusif. Pemimpin harus mampu menciptakan suatu strategi komunikasi yang baik, yang dapat berfungsi secara efektif demi tercapainya tujuan perpustakaan, melalui call centers, resource, citizen consultation. Kata Kunci : Peranan Pemimpin, Komunikasi Efektif, Pelayanan Perpustakaan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran pemimpin, komunikasi efektif, pelayanan perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Bakhtiyar .
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:27
Last Modified: 31 Oct 2018 01:48
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year