Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bab Integral Berbasis Konstruktivis Pada Siswa Kelas XII IPA

Setiyawan, Hery (2016) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bab Integral Berbasis Konstruktivis Pada Siswa Kelas XII IPA. INOVASI, XVIII (2). pp. 31-40. ISSN 0854-4328

[img]
Preview
Text
JURNAL_HERI2_FBS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selama ini guru cenderung mengajarkan matematika secara simbolis/abstrak yang bertentangan dengan perkembangan kognitif siswa dan kurang memanfaatkan lingkungan siswa sebagai sumber belajar. Perhatian guru lebih terpusat kepada hasil belajar, sehingga kurang memperhatikan proses belajar siswa. Menurut teori ini bahwa ilmu pengetahuan itu tidak dapat ditransfer (dipindahkan) dari guru (orang lain) kepada siswa, melainkan harus dikontruks (dibangun) sendiri oleh siswa melalui kegiatan aktif dalam belajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memberikan peluang terjadinya proses aktif siswa mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuannya adalah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik. Piaget menekankan bahwa perubahan kognitif hanya terjadi jika konsepsi-konsepsi yang telah dipahami sebelumnya diolah melalui proses ketidakseimbangan dalam upaya memahami informasi-informasi baru. Sedangkan Oleh karena itu, sebaiknya pembelajaran di kelas saat ini sudah dimulai dengan mengembangkan bahan ajar yang berbasis konstruktivis. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis Konstruktivis yang valid dan efektif sehingga dapat memberikan peluang terjadinya proses aktif siswa mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuannya pada bab integral. Bahan ajar dikembangkan dengan model 4-D yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dan dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dan berkriteria efektif berdasarkan hasil uji coba kepada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Konstruktivis, Integral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PKM/ LPPM/BP3 > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 12 Mar 2018 05:59
Last Modified: 12 Mar 2018 05:59
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year