Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Matematika Wajib Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 15 Surabaya

Putut, Endrayana (2017) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Matematika Wajib Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 15 Surabaya. INOVASI, XIX (1). pp. 18-23. ISSN 0854-4328

[img]
Preview
Text
JURNAL_ENDRAYAN_FBS..pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sebagian besar masyarakat Indonesia berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi. Namun , menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan prestasi belajar siswa, terdapat faktor lain yang menentukan prestasi belajar siswa, yaitu kecerdasan emosional (EQ).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Matematika Wajib pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 15 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMAN 15 Surabaya yang berjumlah 35 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket kecerdasan emosional dan lembar tes hasil belajar Matematika Wajib pada siswa kelas XI IPA 4. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode skala likers, untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati), dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Hasil analisis menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan linier, dengan persamaan regresi Y ̂= 11.27747 + 0,88247X. Nilai Koefisien korelasi sebesar 0,938 dan nilai koefisien determinasi sebesar 87,984%, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu apabila siswa kelas XI IPA 4 SMAN 15 Surabaya memiliki kecerdasan emosional tinggi maka siswa tersebut juga memiliki prestasi belajar yang tinggi. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Matematika Wajib, Kecerdasan Intelektual

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 12 Mar 2018 05:52
Last Modified: 12 Mar 2018 05:52
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year