Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV SDN Karah I SURABAYA

Sholihah, Amelia Rifatus (2018) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV SDN Karah I SURABAYA. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
skripsi Amelia.pdf

Download (1MB)
Official URL: hhtp://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sholihah, Amelia Rifatus. 2018. “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SDN Karah I Surabaya”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FBS UWKS. Pembimbing: (I) Drs. Sunaryo, M.Kes. dan (II) Hery Setiyawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Model project based learning, Hasil Belajar, Aktivitas siswa Rendahnya hasil belajar siswa SDN Karah I disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang masih konvensional sehingga siswa menjadi pasif dalam belajar yang berakibat pada rendahnya ketuntasan hasil belajar secara klasikal serta rendahnya persentase kategori aktif aktivitas siswa. maka dicari solusinya dengan penerapan model project based learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar.karena model ini menuntut siswa untu aktif melakukan penyelidikan dalam menyelesaikan permasalahan dan guru berperan sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu : planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karah I Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil observasi aktivitas siswa dan hasil tes. Simpulan dari penelitian ini adalah model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 59% pada siklus I dan meningkat menjadi 94% pada siklus II. Penelitian ini juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yang ditandai dengan peningkatan presentase kategori aktif 47% pada siklus I menjadi 82 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model project based learning, Hasil Belajar, Aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Amelia Rifatus Sholihah
Date Deposited: 21 Sep 2018 08:55
Last Modified: 21 Sep 2018 08:55
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year