Persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Septiawati, Chusnathul (2018) Persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
File Skripsi Halaman Depan.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Pada dasarnya semua perpustakaan merupakan suatu instansi yang memiliki proses kerja sama, yaitu memberikan pelayanan informasi kepada pengguna. Untuk mengetahui berhasil tidaknya suatu pelayanan perpustakaan yang berkualitas salah satunya dapat diketahui dengan melihat persepsi pengguna yang merupakan sasaran utama pelayanan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Nergeri Surabaya. Manfaat dalam penelitian ini agar dapat mengetahui lebih mendalam tentang persepsi pemustaka terhadap pelayanan yang diberikan di perpustakaan. Variabel penelitian adalah Kualitas Pelayanan. Suatu kualitas pelayanan dapat dilihat dari sub variabel yaitu reliability (kehandalan), responsiveness ( daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) dan tangible (bukti fisik) yang dapat terpenuhi. Populasi yang digunakan peneliti adalah pengunjung perpustakaan selama satu bulan yang berjumlah 500 orang. Dengan mengambil sampel sebesar 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan “random sampling” atau sample acak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penyebaran kuesioner atau angket. Teknis analisis data penelitian ini yaitu dengan ditabulasi dalam tabel frekuensi dan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya diketahui rata-ratanya yaitu 3,59 dengan katagori Puas, yang di ukur dari 5 sub variabel yaitu kehandalan dengan skor rata-rata 3,45 , empati dengan skor rata-rata 3,59, dan variabel bukti fisik dengan skor rata-rata 4,16, jaminan dengan skor rata-rata 3,88 termasuk dalam kriteria Puas, daya tanggap dengan skor rata-rata 2,89 termasuk dalam kriteria Kurang Puas. dan dengan sisa 1,41 termasuk kategori Sangat Tidak Puas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kualitas Pelayanan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Chusnnathul Septiawati
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:07
Last Modified: 24 Sep 2018 02:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year