pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi trigonometrei kelas x SMK Wachid Hasyim 2 SURABAYA

Supratiwi, Ratna Ayu (2018) pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi trigonometrei kelas x SMK Wachid Hasyim 2 SURABAYA. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (572kB)
Official URL: http://uwks,ac.id

Abstract

Ayu Supratiwi, Ratna. 2018. Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Trigonometri Kelas X SMK WACHID HASYIM 2 SURABAYA. Pembimbing : (I) Meilantifa, S.Pd, M.Pd dan (II) Herfa Maulina Dewi S, S.Si, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, Komik, Materi Trigonometri Proses pembelajaran yang hanya menggunakan buku pelajaran tanpa menggunakan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa, menjadikan suasana belajar menjadi kurang menarik dan membosankan serta kurang bisa membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, salah satunya materi trigonometri. jika siswa sudah menganggap materi trigonometri sulit, secara otomatis minat mereka untuk mempelajari materi tersebut menjadi berkurang dan akibatnya hasil belajar mereka juga kurang optimal. Mengantisipasi hal tersebut, dibutuhkan pengembangan produk media pembelajaran matematika yang menarik bagi siswa, salah satunya adalah pengembangan komik matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan komik matematika sebagai media pembelajaran berdasarkan ahli materi, ahli media dan guru matematika, 2) mengetahui hasil penggunaan media komik matematika terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada materi trigonometri, 3) mengetahui respon siswa SMK WACHID HASYIM 2 SURABAYA terhadap media komik matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji pelaksanaan lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Pada tahap uji pelaksanaan lapangan dilaksanakan di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya dengan menggunakan siswa kelas X – AK 3 sebagai subjek penelitian. Hasil obsevasi dan wawancara tentang pelaksanaan pembelajaran di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya dianalisis secara deskriptif. Hasil uji kelayakan oleh para ahli materi, ahli media dan praktisi (guru), kualitas media media pembelajaran yang telah dikembangkan dikategorikan sangat layak dengan skor rata – rata 4,67 oleh ahli materi, 4,20 oleh ahli media dan 4,34 oleh guru. Tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 92,3 %. Respon siswa terhadap komik menunjukkan siswa sangat setuju 69,23 %, setuju 23,07 % dan siswa kurang setuju terhadap komik 7,70 %, maka secara keseluruhan respon siswa dinyatakan positif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan media komik yang dikembangkan secara kuantitatif dan kualitatif sangat layak digunakan dalam pembelajaran, hasil penggunaan media pembelajaran berupa komik ini terhadap ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas dan pengunaan media pembelajaran berupa komik mendapatkan respon positif dari 24 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Komik, Materi Trigonometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ratna Ayu Supratiwi
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:32
Last Modified: 18 Sep 2018 06:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year