Pengaruh Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Jemundo 2 Sidoarjo

Ahmadha, Tiris (2018) Pengaruh Media Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Jemundo 2 Sidoarjo. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Ahmadha, Tiris. 2018. “Pengaruh Media Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Jemundo 2 Sidoarjo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I: Meilantifa, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Yudha Popiyanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Media Monopoli, Hasil Belajar Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di Sekolah Dasar, tentunya terdapat tujuan yang ingin dicapai. Secara umum tujuan dari kegiatan pembelajaran adalah siswa dapat memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Ketercapaian tujuan pembelajaran disini tentunya banyak faktor, diantaranya adalah media pembelajaran yang digunakan. Pada pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Jemundo 2 Sidoarjo masih menggunakan model pembelajaran konvensional, semangat siswa dalam pembelajaran kurang akibat dari penggunaan model pembelajaran konvensional tersebut dapat mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti mencoba melaksanakan penelitian dengan menerapkan media monopoli untuk melihat bagaimana pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Experiment). Sampel penelitian mengambil dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas IV – A dengan jumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas IV – B dengan jumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan dua kali tes yaitu pretest dan posttest berupa tes pilihan ganda yang telah di uji ahli bidang dan media monopoli yang telah di uji ahli media pembelajaran. Hasil pretest dan posttest ini akan dianalisis dengan menggunakan rumus normalitas, homogenitas, t-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengujikan media monopoli menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menghitung t-test selisih hasil posttest dari kedua kelompok. Uji t-test yang dilakukan diketahui thitung dengan ttabel. Dengan ketentuan jika thitung > ttabel atau jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka H0 ditolah Ha diterima. Dengan demikian, diketahui bahwa thitung¬ 3,341 yang berarti thitung > ttabel ¬3,341 > 2,013 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Monopoli, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Tiris Ahmada
Date Deposited: 17 Sep 2018 06:26
Last Modified: 17 Sep 2018 06:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year