Penerapan Media Manik – Manik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti - Gresik

Astutik, Sri Rahayu Puji (2018) Penerapan Media Manik – Manik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti - Gresik. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Astutik, S.Rahayu Puji.2018. “Penerapan Media Manik-Manik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti – Gresik“. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa Dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I: Herfa Maulina D.S., S.Si., M.Pd Pembimbing II: Leni Yuliana, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Media manik-manik, berhitung, bilangan bulat. Berdasarkan data observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran Matematika, pokok bahasan belajar berhitung bilangan bulat, menunjukkan bahwa siswa kelas IV belum mampu untuk memahami bilangan bulat, hasil belajar berhitung bilangan bulat masih tergolong rendah dibawah nilai KKM, yang telah ditentukan keberhasilan dalam KKM yaitu 71. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar berhitung bilangan bulat dengan menggunakan media manik-manik pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti-Gresik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti-Gresik yang bejumlah 26 siswa . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang terkumpul menggunakan analisis kualitatif untuk data observasi, dan analisis kuantitatif untuk data tes, penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Hasil penelitian selama proses pembelajaran ada 2 siklus yang di lakukan setiap penilaian akhir pertemuan siklus yaitu pertemuan yang ke 2 untuk menentukan hasil tersebut. Akivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 73,33% dan siklus II yaitu 83,33%. Hasil belajar siswa selama menggunakan media manik-manik belajar berhitung bilangan bulat menunjukan ketuntasan pada akhir setiap pertemuan siklus yaitu pertemuan yang ke 2 pada siklus I yaitu 69,23 siklus II menunjukan ketuntasan yaitu 96,15%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media manik-manik dapat meningkatkan hasil belajar berhitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti-Gresik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media manik-manik, berhitung, bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sri Rahayu Puji Astutik
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:27
Last Modified: 17 Sep 2018 05:17
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year