PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 12 SURABAYA

Grady, Fredlina Gavrila (2025) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 12 SURABAYA. [Tugas Akhir/Skripsi]

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUS SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI FREDLINA GAVRILA GRADY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
SKOR TURNITIN SKRIPSI FREDLINA GAVRILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_FREDLINA TURNITIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FREDLINA GAVRILA_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy

Abstract

Matematika sering dianggap sulit oleh peserta didik khususnya pada materi trigonometri, karena menuntut pemahaman konsep, visualisasi serta penerapan dalam berbagai situasi. Untuk itu diperlukan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan spasial untuk memecahkan persoalan pada materi trigonometri. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan spasial terhadap pemecahan masalah matematika pada materi trigonometri. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode “ex-post facto”. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 12 Surabaya, dengan 34 peserta didik sebagai sampel yang dipilih dengan Teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes saol uraian. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dengan hasil uji Shapiro-Wilk pada kemampuan berpikir kritis (sig. = 0,121), kemampuan spasial (Sig. = 0,111) dan kemampuan pemecahan masalah dengan (Sig. = 0,121) dimana seluruh nilai signifikansi > 0,05. Uji homogenitas juga menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen dengan sig. sebesar 0,332 > 0,05. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan spasial berpengaruh signifikan secara simultan maupun parsial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai F- hitung 330,683 dan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R²) sebesar 95,4% menunjukkan kedua variabel tersebut mampu menjelaskan variasi kemampuan pemecahan masalah, sedangkan 4,6% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Additional Information: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Spasial, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Fredlina Gvarila Grady
Date Deposited: 30 Sep 2025 01:46
Last Modified: 30 Sep 2025 01:46
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year