Maritza, Labibah Iswara Zakaria (2025) RANCANG BANGUN CHATBOT UNTUK LAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. [Tugas Akhir/Skripsi]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (932kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
dapus.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text
cek plagiasi presentase.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
cek plagiasi full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
Text
artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) merupakan institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan terbaik bagi mahasiswa serta informasi yang akurat bagi calon mahasiswa dan masyarakat umum. Saat ini, penyampaian informasi kepada calon mahasiswa dan pihak terkait masih dilakukan secara manual, seperti melalui kunjungan langsung ke kampus atau melalui via WhatsApp. Penyebaran informasi dirasa kurang efektif karena layanan pelanggan tidak selalu tersedia atau mampu menjawab secara langsung. Menyadari pentingnnya proses komunikasi dan pentingnya penyebaran informasi, keterbatasan dalam menyampaikan informasi secara real-time, terutama di luar jam kerja, mengakibatkan penundaan dalam penanganan pertanyaan pelanggan. Maka dari itu penulis membuat sistem respon chat otomatis yang disebut chatbot. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem chatbot berbasis kecerdasan buatan untuk mendukung layanan pelanggan. Chatbot ini dirancang untuk menjawab pertanyaan umum, memberikan informasi, dan membantu menyelesaikan masalah pelanggan secara real-time. Dengan memanfaatkan metode Natural Language Processing (NLP) dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes, sistem chatbot dapat memahami dan merespon pertanyaan pelanggan dengan baik.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Layanan Pelanggan, Natural Language Processing (NLP), Algoritma Naïve Bayes, Kecerdasan Buatan. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program |
Depositing User: | Maritza Labibah Iswara Zakaria |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:21 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/21077 |
Available Versions of this Item
- RANCANG BANGUN CHATBOT UNTUK LAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. (deposited 23 Sep 2025 03:21) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year