Sissy, Putri (2025) Perancangan Whispers Of Mangrove Sebagai Simulasi Penanaman Mangrove Pada Ekowisata Mangrove. [Tugas Akhir/Skripsi]
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text
TUGAS AKHIR_CEK PLAGIAT 1.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
TUGAS AKHIR_CEK PLAGIAT 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
![]() |
Text
JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
Abstract
Mangrove merupakan ekosistem penting yang berfungsi untuk melindungi wilayah pesisir dari abrasi, menyerap karbon, serta menjadi habitat bagi berbagai spesies. Namun kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan ekosistem mangrove masih rendah. Oleh karena itu dirancanglah Whispers of Mangrove sebuah simulasi berbasis mobile yang menyajikan alur cerita interaktif tentang pentingnya menjaga lingkungan mangrove. Simulasi ini menghadirkan pengalaman belajar melalui serangkaian misi seperti pengenalan jenis pohon mangrove, proses penanaman, dan perawatan mangrove yang dikemas dengan visual 2D dan elemen-elemen yang menarik. Pengembangan game menggunakan metode prototyping agar memungkinkan iterasi cepat berdasarkan umpan balik pengguna. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox menunjukkan seluruh fitur berjalan sesuai fungsi. Sementara pengujian System Usability Scale (SUS) mendapatkan nilai sebesar 85 yang menunjukkan bahwa simulasi ini mudah digunakan dan diterima dengan baik oleh pengguna. Dengan pendekatan ini Whispers of Mangrove dapat menjadi media pembelajaran yang efektif serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian mangrove melalui pengalaman bermain yang menarik dan bermakna.
Item Type: | Tugas Akhir/Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekowisata, Mangrove, Simulasi, Mobile |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program |
Depositing User: | Sissy Putri ii |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 07:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 07:24 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year