PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN SAINTIFIK SMKN 1 CERME

Alifah, Nur (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN PENDEKATAN SAINTIFIK SMKN 1 CERME. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (9kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi yang diajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Sampel penelitian adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Cerme, terdiri dari 31 siswa pada kelas konstruktivisme dan 33 siswa pada kelas saintifik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket tanggapan siswa terhadap pendekatan pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai residual berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi uji normalitas tes 0,60 > 0,05 dan angket 0,19 > 0,05. Varians data pada kedua kelompok dianggap homogen berdasarkan uji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,273 > 0,05 dan 0,806 > 0,05. Pada Independent Samples Test, nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0,001 ≤ 0,05, baik pada asumsi varians sama maupun tidak sama. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara pendekatan konstruktivisme dan saintifik. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 ≤ 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kedua pendekatan. Berdasarkan kriteria keefektifitasan pendekatan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan pendekatan saintifik.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: 63 Nur Alifah UWKS
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:53
Last Modified: 26 Sep 2025 02:53
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/20212

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year