Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Nggando, Gabriela Yunita (2025) Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel_Gabriela Yunita Nggando_21420041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review dan Customer rating terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee pada mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan analisis linier berganda dengan teknik NonProbability Sampling yaitu Purposive Sampling sebagai metode pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 150 mahasiswa aktif yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Shopee. Variabel independen dalam penelitian ini adalah online customer review (X1) dan online customer rating (X2), sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review dan online customer rating secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik review dan rating suatu produk di Shopee, maka semakin tinggi kemungkinan mahasiswa untuk melakukan pembelian. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi platform Shopee untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk, mengingat peran penting review dan rating dalam membentuk keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: 42 Gabriela Yunita Nggando Nggando
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:10
Last Modified: 10 Apr 2025 04:10
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year