Penerapan Laporan Keuangan Sesuai SAK Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pada Umkm Desa Giri Kec. Kebomas Kab.Gresik)

Mardiana, Lilik Penerapan Laporan Keuangan Sesuai SAK Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Pada Umkm Desa Giri Kec. Kebomas Kab.Gresik). Universitas Katolik Widya Karya Malang. (Unpublished)

[img] Text
Penerapan Laporan Keuangan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaku UMKM selayaknya mengetahui bagaimana cara menyususn laporan keuangan dengan menggunakan catatan akuntansi yang dimiliki. Untuk keperluan penyusuna laporan keuangan, pelaku UMKM harus mengetahu data-data yang diperluka dan tata-cara menerapkan sistem pencatatan keuangan sehingga menghasilkan laporan keuangan yang memadai, informasi keuangan internal tersebut adalah hasil akhir pencatatan akuntansi yang berguna oleh pihak manajemen untuk perkembangan usaha. Pelaku UMKM hanya melakukan pencatatan yang sangat sederhana. Pencatatan hanya dilakukan untuk transaksi pendapatan usaha yang diterima dan dikeluarkan sedangkan untuk transaksi biaya listrik, persediaan dan transaksi yang berkaitan dengan operasional perusahaan tidak dilakukan pencatatan. Peneliti bertujuan memberikan arah pimpinan UMKM dalam membaca laporan keuangan dan informasi lain yang terkandung, dengan membuat dan menyajikan laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM. Metode yang dilakukan penulis adalah kualitatif. Peneliti menggunakan teknik wawancara yang dilakukan tanya jawab saat pengumpulan data dengan pelaku UMKM, pengamatan langsung dan pengumpulan data pencatatan laporan keuangan, dokumentasi serta analisis. Kata kunci : Penyusunan Laporan Keuangan ,SAK EMKM

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 14 May 2024 01:33
Last Modified: 14 May 2024 01:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18300

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year