Perlindungan Hak Cipta Atas Plagiasi Benda Virtual Game Berbasis Mmorpg

Masyhar, Ibnu Alan (2024) Perlindungan Hak Cipta Atas Plagiasi Benda Virtual Game Berbasis Mmorpg. [Tugas Akhir/Skripsi] (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK ALAN FIX.pdf

Download (577kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Bab Iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
Daftar Bacaan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
Artikel_PERLINDUNGAN HAK CIPTA ATAS PLAGIASI BENDA VIRTUAL GAME BERBASIS MMORPG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
REV SKRIPSI ALAN FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Presentase turnitin alan.pdf

Download (28kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Di era modern ini, kemajuan teknologi khususnya di bidang layanan internet sangat berdampak pada kehidupan kita sehari-hari, dunia usaha, dan masyarakat secara keseluruhan. Munculnya teknologi berbasis internet telah merevolusi cara kita mengakses dan bermain game, khususnya game online. Kemampuan bermain game online telah memperluas aksesibilitas, interaksi sosial, dan gaya bisnis. Hal ini membawa dampak yang signifikan terhadap industri game, khususnya dalam game berbasis Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPG). Lingkungan game online memungkinkan terjadinya interaksi sosial yang luas, kolaborasi, kompetisi, dan bahkan transaksi benda virtual. Salah satu dampak paling menonjol dari internet pada game adalah kemampuan untuk bermain dengan orang lain secara online, yang mengarah pada interaksi sosial yang lebih luas dan memperluas cakupan. dari permainan. Namun, aspek hukum benda virtual dalam MMORPG, khususnya dalam hal perlindungan hak cipta, belum dipelajari secara ekstensif. Objek virtual dalam MMORPG dibuat dan diakses melalui jaringan internet sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai kategorisasinya sebagai objek kekayaan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan menganalisis kedudukan hukum benda virtualnya, khususnya dari sudut pandang hukum hak cipta, guna memberikan perlindungan hukum terhadap benda virtual sebagai ciptaan dalam game online berbasis MMORPG. Desain penelitian ini melibatkan pendalaman analisis status hukum benda virtual, dengan fokus pada hukum hak cipta dan hak kekayaan intelektual. Studi ini juga akan mengkaji karakteristik objek virtual dan penciptaannya melalui teknologi komputer, untuk menetapkan dasar kelayakannya atas perlindungan hak cipta. Partisipan dalam penelitian ini akan mencakup pakar hukum, pengembang game, dan pemain di komunitas MMORPG. Konteks penelitian ini terutama akan fokus pada kerangka hukum dan peraturan seputar objek virtual dalam game online, dengan penekanan khusus pada MMORPG. Temuan penelitian ini akan berkontribusi pada pemahaman tentang perlindungan hukum objek virtual dalam game online, khususnya dalam konteks MMORPG. Implikasi dari penelitian ini sangat signifikan bagi industri game, praktisi hukum, dan pembuat kebijakan, karena akan memberikan wawasan mengenai perlindungan hak cipta atas benda virtual dan pencegahan plagiasi dalam game online berbasis MMORPG. Kata kunci: Benda Virtual, MMORPG, Perlindungan Hak Cipta, Hak Kekayaan Intelektual, Game Online, Plagiasi.

Item Type: Tugas Akhir/Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Reza Rahmadi Rahmadi
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:08
Last Modified: 19 Apr 2024 08:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/18173

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year