Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Soal Cerita Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD AL Islam Muhammadiyah Cerme - Gresik

Suhartini, . (2018) Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Soal Cerita Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD AL Islam Muhammadiyah Cerme - Gresik. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (812kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Suhartini. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Soal Cerita Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Al Islam Muhammadiyah Cerme - Gresik”. Skirpsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Bahasa dan Sains. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing I: Herfa Maulina D.S., S.Si., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Endrayana Putut L.E., S.Si., M.Si., Kata Kunci :. pengaruh, kecerdasan logis - matematis, hasil belajar, matematika, regresi Kecerdasan logis-matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menghitung, mengukur, dan menyelesaikan hal-hal yang bersifat matematis. Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh siswa dalam bentuk angka atau huruf dari tes yang diberikan. Hasil belajar siswa pada soal cerita matematika masih tergolong rendah di bawah nilai KKM. Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar matematika pada soal cerita materi bangun ruang siswa kelas V SD Al Islam Muhammadiyah Cerme-Gresik dengan variabel bebas yaitu kecerdasan logis-matematis dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasinya adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Persamaan regresi kedua variabel adalah Y = -30,403+1,793X. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh antara kedua variabel. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,748, maka dapat ditarik simpulan bahwa 74,8 % dipengaruhi oleh kecerdasan logis-matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, kecerdasan logis - matematis, hasil belajar, matematika, regresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Suhartini .
Date Deposited: 06 Sep 2018 06:08
Last Modified: 06 Sep 2018 06:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year