Gambaran Kadar Gula Darah Dan Tekanan Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Klungkung II Kecamatan Klungkung Provinsi Bali

Yustisia, Oka Purnama (2024) Gambaran Kadar Gula Darah Dan Tekanan Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Klungkung II Kecamatan Klungkung Provinsi Bali. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Skripsi_Oka Purnama Yustisia.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian sebelumnya menyatakan adanya hubungan cukup kuat antara kadar gula darah dengan tekanan darah pada pasien diabetes mellitus tipe2. Hal ini mengindikasikan bahwa kadar gula darah pada pasien DM Tipe2 dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Adanya hubungan tersebut pasien harus memperhatikan kadar gula darah dan tekanan darah supaya tidak terjadinya peningkatan agar selalu dalam batas normal. Menurut penelitian kohort, menurunkan tekanan darah sebesar 5 hingga 10 mm Hg dapat mengurangi risiko kematian akibat DM tipe 2 hingga tiga kali lipat sementara juga menurunkan risiko komplikasi stroke hingga 50% dan gagal jantung hingga tiga kali lipat pada pasien yang tekanan darahnya tidak terkontrol. Dan dari data yang didapatkan seperti jumlah pasien diabetes mellitus di Bali dan di Puskesmas Klungkung II, dan jumlah pasien hipertensi di Puskesmas Klungkung II maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di wilayah kerja Puskesmas Klungkung II untuk mengetahui gambaran kadar gula darah dan tekanan darah pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Klungkung II Kecamatan Klungkung Provinsi Bali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien diabetes mellitus tipe 2 yang memiliki hasil pemeriksaan kadar gula darah dan tekanan darah di Puskesmas Klungkung II yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan besar sampel yang diambil sebanyak 88 responden. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Dan dari hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar pasien diabetes mellitus tipe 2 di Puskesmas Klungkung II Kecamatan Klungkung Provinsi Bali berusia antara 51 – 60 tahun yaitu sebanyak 55,4% dan berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 51,5%. Mempunyai kadar gula darah yang masih tinggi (> 200 mg/dL) yaitu sebanyak 63,4%, tetapi tidak diikuti dengan peningkatan tekanan darah. Meski diketahui sebagian besar responden mempunyai tekanan darah < 120/80 mmHg yaitu sebanyak 44,6%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kadar Gula Darah, Tekanan Darah, Pasien Diabetes Mellitus Tipe
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: - Oka Purnama Yustisia
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:40
Last Modified: 09 Jan 2024 02:40
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year