Pargaulan, Yuyun Herawati (2018) Persepsi pemustaka terhadap pemanfaatan bahan pustaka Perpustakaan Sekolah Citra Berkat Citraland Surabaya. Other thesis, https://uwks.ac.id.
Text
Yuyun Herawati Pargaulan.pdf Download (136kB) |
Abstract
ABSTRAK YuyunHerawatiPargaulan, 2018, PersepsiPemustakaTerhadapPemanfaatan BahanPustakaPerpustakaanSekolah Citra BerkatCitraLand Surabaya. Skripsi, Program StudiIlmuPerpustakaan, FakultasIlmuSosialdanIlmuPolitik, UniverstasWijayaKusuma Surabaya. Pembimbing (I) Fahriyah, S.Sos.,MA (II) YanuastridShintawati, S.IPI.,M.Si Kata Kunci: BahanPustaka, Pemustaka, Perpustakaan Pengadaan perpustakaan sekolah tidak hanya berfungsi sebagai sarana ruang pengumpulan bahan pustaka, namun juga sebagai tempat yang membantu para warga sekolah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan guna meningkatkan prestasi akademik serta membantu dalam proses terbentuknya sistem belajar mengajar yang akan diterapkan oleh suatu sekolah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemustaka dalam hal ini siswa, terhadap bahan pustaka yang ada di Perpustakaan Sekolah Citra Berkat CitraLand Surabaya. Penelitian dilakukan menggunakan metode Deskriptif Kuanitaif. Metode tersebut dipilih untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap bahan pustaka yang ada di Perpustakaan. Jumlah responden 56 siswa terdiri dari kelas10-11. Hasiljumlah responden didapat melalui penghitungan dengan metodeslovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Proses pengolahan data dilakukan dengan caratabulasi, darihasiltabulasitersebutnantinyaakandihitungmenggunakanrumusrataanuntukmengetahuihasildarisetiapindikator. Lokasi penelitian berada di Perpustakaan Sekolah Citra Berkat CitraLand Surabaya Hasilpenelitian mengenai persepsi pemustaka terhadap bahan pustaka di Perpustakaan Sekolah Citra Berkat CitraLand ialah intensitas kunjungan perpustakaan adalah baik, dimana pemustaka berkunjung ke perpustakaan setiap seminggu sekali dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang memanfaatkan ruang lingkup di dalam perpusakaan; penilaian pemustaka terhadap bahan pustaka cetak yang ada di perpustakaan sekolah adalah baik, dimana kondisi fisik dari setiap bahan pustaka menurut pemustaka masih terawat dengan baik dan isi informasi dalam bahan pustaka cetak yang disediakan oleh perpustakaan pun menarik serta sesuai dengan kebutuhan pemustaka; penilaian terhadap bahan pustaka non cetak yang ada di perpustakaan sekolah adalah baik, dimana kondisi fisik dari setiap bahan pustaka non cetak menurut pemustaka masih terawat dengan baik dan masih bisa terpakaidan isi infomasi yang ada dalam bahan pustaka non cetak menarik serta sesuai dengan kebutuhan pemustaka; pemanfaatan terhadap bahan pustaka cetak adalah cukup baik, hal ini dikarenakan pemustaka jarang melakukan peminjaman terhadap bahan pustaka. Maka hasil nilai keseluruhan empat variabel adalah baik, yang dimana menurut pemustaka bahan pustaka yang ada di perpustakaan masih layak untuk dimanfaatan serta sesuai dengan kebutuhan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BahanPustaka, Pemustaka, Perpustakaan |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program |
Depositing User: | Yuyun Herawati Pargaulan |
Date Deposited: | 05 Sep 2018 00:48 |
Last Modified: | 05 Sep 2018 00:48 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1652 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year