Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematis Berdasarkan Metode Wankat dan Oreovocz Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel

Alvania, Putri Devina (2023) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematis Berdasarkan Metode Wankat dan Oreovocz Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
laporan cek plagiasi 1.pdf

Download (44kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Alvania, Putri Devina. 2023. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematis Berdasarkan Metode Wankat dan Oreovocz Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel . Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing I : Meilantifa, S.Pd., M.Pd Pembimbing II : Endrayana Putut Laksminto Emanuel, S.Si. M.Si. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru matematika kelas VII SMP Ta’miritah Surabaya bahwa lebih dari setengah siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam memecahkan masalah matematika. Siswa lebih mengutamakan hasil dari pada langkah -langkah dalam menyelesaian masalah matematika. Teori Wankat dan Oreovocz merupakan teori pemecahan masalah matematika yang memiliki 7 tahapan yaitu memecahkan masalah matematika yaitu tahap saya mampu/bisa, mendefinisikan,mengeksplorasi, merencanakan,mengerjakan, mengecek Kembali, generalisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Ta’miriyah Surabaya, yang dikategorikan berkemampuan tinggi S1, sedang S2, dan rendah S3. kemudian dipilih 3 subjek untuk mewakili setiap Kategori. Teknik pengumpulan data observasi, lembar tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tahap yang paling banyak terdapat kesalahan adalah pada saat tahap mengerjakan dimana siswa tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam soal secara sistematis. Sedangkan tahap yang paling mudah diselesaikan oleh subyek penelitian adalah tahap saya mampu/bisa dimana siswa memiliki motivasi dan keyakinan dalam menyelesaikan masalah dalam soal. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Wankat dan Oreovocz

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Wankat dan Oreovocz
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nn Putri Devina Alvania
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:49
Last Modified: 29 Sep 2023 02:49
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year