Wulu, Yustina Bela (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN RESPIROMETER DAN SPIROMETER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SAINS SISWA SMPN 46 SURABAYA. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (411kB) |
|
Text
4. BAB III .pdf Download (488kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (502kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (282kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka .pdf Download (305kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf Download (33kB) |
|
Text
10. LAPORAN PLAGIASI FULL.pdf Download (13MB) |
|
Text
11. JURNAL.pdf Download (358kB) |
Abstract
ABSTRAK Wulu, Yustina Bela. 2023. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Respirometer dan Spirometer Sederhana Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Sains Siswa SMPN 46 Surabaya. Pembimbing : (I) Dra. Marmi, M.Si, (II) Pramita Laksitarahmi Isrianto, S.Si.,M.Si Kualitas pendidikan yang bermutu yaitu pendidikan yang dapat mengoptimalkan semua komponen pendidikan sehingga semua proses interaksi antara siswa dan sumber belajar dapat berjalan sesuai dengan setting pembelajaran. Guru harus memiliki strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa mengoptimalkan kegiatan belajarnya sehingga dapat dilakukan dengan baik, benar, tepat, dan berhasil optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kreativitas dan keterampilan sains siswa SMPN 46 Surabaya dengan pengembangan pembelajaran berbasis proyek,yakni siswa melakukan ekperimen pembuatan alat respirometer dan spirometer sederhana. Model pengembangan yang dugunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, 5) evaluasi. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif kualitatif untuk membahas permasalahan yang diusulkan. Hasil studi menunjukkan bahwa rancangan pengembangan pembelajaran yang telah didesain oleh peneliti memiliki hasil yang valid sehingga layak untuk diterapkan, Hasil pengembangan pembelajaran berbasis proyek pembuatan respirometer dan spirometer yang telah diterapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa. Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, respirometer dan spirometer
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, respirometer dan spirometer |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Biology Education Study Program |
Depositing User: | Yustina Bela Wulu |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:37 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:37 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14357 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year