Penerapan penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah berdasarkan standar akuntansi keuangan EMKM pada UD Restu Bunda

Viandayani, Fadia (2023) Penerapan penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah berdasarkan standar akuntansi keuangan EMKM pada UD Restu Bunda. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK_Fadia Viandayani_19430010_Akuntansi_S1.pdf

Download (778kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN FADIA VIANDAYANI_19430010_AKUNTANSI_S1.pdf

Download (216kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

System pencatatan yang ada dalam akuntansi haruslah bisa dipahami oleh pelaku UMKM, langkah apa saja yang harus dilakukan, persiapan apa saja yang diperlukan pada proses pencatatan, dan bagaimana system tersebut dapat diterapkan sehingga laporan keuangan yang dihasilkan dapat memadai karena dalam perkembangan usaha pihak berkepentingan sangat memerlukan informasi keuangan yang dapat dilihat dari hasil akhir proses pencatatan akuntansi. Pencatatan yang dilakukan oleh UD Restu Ananda terbilang masih sederhana. UD Restu Ananda hanya melakukan pencatatan untuk transaksi penjualan yang diterima dan pengeluaran bahan baku sedangkan untuk transaksi biaya listrik, persediaan dan UD Restu Ananda tidak melakukan pencatatan dengan transaksi yang berkaitan pada operasional perusahaan. Sehingga kesulitan dalam menyusun laporan keuangan menurut UD Restu Ananda berdasarkan SAK yang ada didasarkan atas pemilik usaha masih belum mengerti terhadap pentingnya laporan keuangan. penulis bermaksud untuk membantu UD Restu Ananda agar informasi yang ada pada laporan keuangan dapat dipahami dengan membantu pembuatan laporan keuangan yang seusai dengan SAK EMKM. Penulis menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu wawancara yang dilakukan tanya jawab saat data dikumpulkan dengan pemilik UD Restu Ananda, langsung mengamati dengan cara data laporan keuangan dicatat dan dikumpulkan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Pemilik masih belum memahami ilmu pengetahuan mengenai pencatatan laporan keuangan. (2) Laporan keuangan dicatat dan disusun tidak berdasarkan SAK EMKM (3) Pemilik masih belum paham mengenai pentingnya penyusunan dan pencatatan laporan keuangan. UMKM performers must know how to use the accounting recording system, what must be prepared, and how to apply the accounting system so as to produce adequate financial reports because this financial information is the final result of accounting records used by interested parties for business development. UD Restu Ananda only did very simple recording. Recording is only done for business income transactions received and issued, while transactions for electricity costs, supplies and transactions related to company operations are not recorded. the author intends to assist UD Restu Ananda in understanding the financial information it has by preparing and presenting financial reports in accordance with SAK EMKM. The method used by the author is qualitative. The author uses an interview technique which is conducted by question and answer when collecting data with the owner of UD Restu Ananda, direct observation by collecting data, recording financial reports, and documentation. The results of this study are (1) Lack of knowledge in recording financial statements by the owner. (2) Recording and preparation of financial reports are not in accordance with SAK EMKM (3) Lack of understanding of the owner regarding the importance of preparing and recording financial reports.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penyusunan Laporan Keuangan, SAK EMKM. Keywords : Preparation of Financial Statements, SAK EMKM.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: 43 Fadia Viandayani Uwks
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:17
Last Modified: 15 Mar 2023 04:17
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year