Hubungan antara Indeks Massa Tubuh , Aktivitas Fisik dan Tingkat Stres dengan Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2020

Salsabila, Zanitia Arita (2023) Hubungan antara Indeks Massa Tubuh , Aktivitas Fisik dan Tingkat Stres dengan Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2020. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak Zanit.pdf

Download (820kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PRESENTASE.pdf

Download (224kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Siklus menstruasi adalah jumlah hari diantara hari pertama menstruasi dengan hari pertama menstruasi selanjutnya. Keteraturan siklus menstruasi dipengaruhi oleh banyak faktor. Dilapangan, gangguan siklus menstruasi tidak jarang terjadi dan merupakan masalah ginekoloki utama pada wanita dewasa terutama remaja. Beberapa penelitian dipaparkan bahwa Jawa Timur memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dengan IMT tidak normal. Beberapa penelitian juga memaparkan bahwa mahasiswi kedokteran mempunyai tingkatan stres paling tinggi dibandingkan dengan mahasiswi lainnya. Selain itu, dewasa ini kemajuan teknologi menyebabkan individu cenderung kurang bergerak atau hanya mengeluarkan sedikit tenaga untuk melakukan aktivitasnya. Padahal IMT, tingkat stres dan aktivitas fisik adalah sedikit dari banyaknya faktor yang mempengaruhi keteraturan siklus menstruasi. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik, tingkat stres dan IMT terhadap siklus menstruasi. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang akan dianalisis secara analitik. Analisis data yang digunakan adalah uji koefisien kontingensi chi-square/ correlation kappa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner dengan total 30 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa hubungan IMT dengan keteraturan siklus menstruasi diperoleh nilai p = 0,007 (<0,05) yang berarti terdapat hubungan , aktivitas fisik dengan keteraturan siklus menstruasi diperoleh nilai p = 0,376 (>0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan, dan tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi diperoleh nilai p = 0,173 (>0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan yang bermakna pada mahasisiwi Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2020 Untuk menjaga kesehatan, sebagai wanita perlunya mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keteraturan siklus menstruasi dan sadar tentang keteraturan siklus menstruasi agar kesehatan umum dan kesehatan organ reproduksi terjaga.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh, Aktivitas Fisik, Tingkat Stres, Keteraturan Siklus Menstruasi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Zanitia Salsabila Arita
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:45
Last Modified: 03 Feb 2023 03:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13736

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year