Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom

Adisusilo, Anang Kukuh Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. (Unpublished)

[img] Text
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran simulasi digital menggunakan metode pembelajaran flipped classroom pada siswa kelas X SMK GIKI 1 Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi belajar siswa menggunakan flipped classroom berbantuan media youtube. Sebanyak 35 siswa X IPA 1 dilibatkan dalam penelitian tindakan kelas ini. Hasil dari penelitian adalah motivasi siswa terhadap pembelajaran melalui media youtube pada siklus I motivasi siswa mengalami peningkatan yaitu 65,3%. Hasil belajar siswa diukur dari hasil evaluasi diperoleh 65,5%. Pada siklus II dilakukan tidak jauh berbeda dengan siklus pertama dari segi perencanaan, tindakan dan observasi. Adapun hasil pengamatan peningkatan motivasi siswa 82% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,2%. Katakunci: Flipped Classroom, Penelitian Tindakan Kelas, Simulasi Digital, youtube

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer Science or Informatics Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:43
Last Modified: 25 Jan 2023 04:43
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year