Perbandingan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil antara Primigravida dan Multigravida di UPTD Puskesmas Payangan Gianyar

Widyasari, Ni Made Ratih (2022) Perbandingan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil antara Primigravida dan Multigravida di UPTD Puskesmas Payangan Gianyar. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (720kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Kecemasan pada ibu hamil akan mempengaruhi dan meningkatkan resiko buruk pada ibu dan janin. Tingkat kecemasan tergantung pada persepsi ibu hamil terhadap stresor dan bagaimana kemampuan untuk mengatasinya. Penelitian sebelumnya menemukan perbedaan tingkat kecemasan pada primigravida dan multigravida. Misalnya, kekhawatiran mengenai perkembangan bayi, proses persalinan dan pascapersalinan, serta dukungan moral selama kehamilan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan tingkat kecemasan ibu hamil antara primigravida dan multigravida khususnya di UPTD Puskesmas Payangan Gianyar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dan sampel yang diambil adalah ibu hamil primigravida dan multigravida di UPTD Puskesmas Payangan yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 50 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann-Whitney. Dan dari hasil analisis, ditemukan fakta adanya perbedaan tingkat kecemasan antara ibu hamil primigravida dan multigravida di UPTD Puskesmas Payangan Gianyar. Hal ini terbukti dengan nilai sig pada saat uji Mann-Whitney sebesar 0,000 (< 0,05).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecemasan, Ibu Hamil, Primigravida, Multigravida
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Ni Made Ratih Widyasari
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:16
Last Modified: 30 Dec 2022 02:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13565

Available Versions of this Item

  • Perbandingan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil antara Primigravida dan Multigravida di UPTD Puskesmas Payangan Gianyar. (deposited 30 Dec 2022 02:16) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year