“Perbedaan Metode Pembelajaran Daring dan Luring Terhadap Tingkat Pengetahuan Stunting Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Melati, Made Dinda (2022) “Perbedaan Metode Pembelajaran Daring dan Luring Terhadap Tingkat Pengetahuan Stunting Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI II.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Ditengah wabahnya pandemi coronavirus pada tahun 2020 sangat menjadi tantangan yang cukup sulit untuk proses pembelajaran, dimana metode pembelajaran yang biasa dilakukan secara luring berubah menjadi secara daring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah tingkat pengetahuan stunting mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring berbeda dengan mahasiswa yang melakukan pembelajaran luring, sehingga kita dapat mengetahui apakah implementasi pembelajaran daring dapat dilakukan secara efektif. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang di sebarkan kepada Mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 di Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pada mahasiswa yang mendapat metode pembelajaran luring diketahui bahwa sebagian besar mahasiwa memiliki pengetahuan stunting dalam kategori kurang yaitu sebanyak 47,5%, kemudian sebesar 32,2% mahasiswa memiliki pengetahuan stunting dalam kategori baik, dan sisanya sebesar 20,3% mahasiswa memiliki pengetahuan stunting dalam kategori cukup. Pada mahasiswa yang mendapat metode pembelajaran daring diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pengetahuan stunting dalam kategori kurang yaitu sebanyak 55,2%, kemudian sebesar 36,2% mahasiswa memiliki pengetahuan stunting dalam kategori cukup, dan sisanya sebesar 8,6% mahasiswa memiliki pengetahuan stunting dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai pengetahuan mahasiswa yang mendapatkan metode pembelajaran luring lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang mendapatkan metode pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: daring, luring, tingkat pengetahuan, stunting.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Made Dinda Melati
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:45
Last Modified: 30 Dec 2022 02:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year