Hubungan Kualitas Tidur Dan Tingkat Stres Dengan Derajat Keparahan Akne Vulgaris Pada Mahasiswa Semester 4-6 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Dewi, Ni Putu Ayu Yusita (2022) Hubungan Kualitas Tidur Dan Tingkat Stres Dengan Derajat Keparahan Akne Vulgaris Pada Mahasiswa Semester 4-6 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (263kB)
[img] Text
plagiasi1.pdf

Download (58kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Akne vulgaris ialah suatu kelainan kulit yang sering menjadi permasalahan bagi remaja muda hingga dewasa. Akne vulgaris biasanya ditandai dengan munculnya berupa lesi seperti whitehead, blackhead, papul, pustule, nodul hingga kista. Salah satu faktor penyebab dari akne vulgaris yaitu kualitas tidur dan stres. Ketika stres dan kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan produksi hormone androgen sehingga terjadi peningkatan sebum yang menyebabkan akne vulgaris. Penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan antara kualitas tidur dan tingkat stres terhadap derajat keparahan akne vulgaris pada Mahasiswa semester 4-6 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dimana penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan penelitian kuantitatif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 4-6 fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang masih aktif dan memenuhikriteria inklusi sebanyak 156 responden. Dari data yang diperoleh bahwa responden yang menderita acne sebanyak 156 dengan diantaranya menderita derajat ringan sebesar 28 (18%) responden dan 128 (82%) menderita derajat sedang. Dari penelitian ini didapatkan sebanyak 11 responden menderita kualitas tidur yang buruk dan didapatkan sebanyak 129 responden mengalami stress diantaranya tingkat sedang sebanyak 112 (71,8%) responden, tingkat berat sebanyak 15 (9,6%) responden, dan tingkat sangat berat sebanyak 2 (1,3%) responden. Kemudian, dilaksanakan analisis data menggunakan uji Chi-Square serta uji Man-Whitney untuk menemukan hubungan dua variabel ataupun lebih datanya (α =0,05). Hasil dari uji statistic dari kualitas tidur dan derajat keparahan akne vulgaris didapatkan p= 0,005 dan hasil statistik dari tingkat stres dan derajat keparahan akne vulgaris didapatkan p= 0,010. Yang mana ini menunjukkan bahwa nilai p lebih kecil dari α =0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas tidur dan tingkat stress dengan derajat keparahan akne vulgaris.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Tingkat Stres, Akne Vulgaris
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Ni Putu Ayu Yusita Dewi UWKS
Date Deposited: 03 Jan 2023 09:39
Last Modified: 03 Jan 2023 09:39
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13535

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year