Perbandingan Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring Terhadap Indeks Prestasi (IP) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2019

Pradnyana, Kadek Putra (2022) Perbandingan Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring Terhadap Indeks Prestasi (IP) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2019. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Plagiasi persentase.pdf

Download (52kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pada bulan Maret, Indonesia mendeklarasikan penutupan sementara sekolah dan perguruan tinggi untuk mencegah penularan virus corona di antara para siswa. Secara fisik, penutupan perguruan tinggi telah dilakukan, yang berarti gedung kampus ditutup sementera namun kegiatan belajar mengajar dan kegiatan administratif kampus lainnya tetap terlaksana namun dilakukan secara jarak jauh. Pembelajaran daring pada perguruan tinggi merupakan sebuah sistem pembelajaran dengan menggunakan media internet sebagai sarana untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Penggunaan teknologi digital memungkinkan mahasiswa dan dosen berada di tempat yang berbeda selama proses pembelajaran. Beberapa penelitian telah menyoroti efektivitas metode pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 dalam kaitannya dengan minat belajar mahasiswa dan hasil pembelajaran mahasiswa yang dinilai melalui Indeks Prestasi (IP). Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Teting et al (2020) yang membandingkan hasil pembelajaran selama perkulihan daring dan perkulihaan luring, didapatkan hasil Indeks Prestasi mahasiswa lebih tinggi pada proses pembelajaran luring dibandingkan dengan hasil Indeks Prestasi pada proses pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk dalam rancangan observasi analitik dengan menggunakan pendekatan interval Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap indeks prestasi (IP) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2019. Terdapat perbedaan yang signifikan pada terhadap hasil indeks prestasi mahasiswa selama pembelajaran daring dan pembelajaran luring pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya angkatan 2019.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Indeks Prestasi, Pembelajaran luring, pembelajaran daring
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Kadek Putra Pradnyana UWKS
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:27
Last Modified: 03 Jan 2023 07:27
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year