Pengaruh Larutan Fluoride Terhadap Aktivitas Amilase Saliva. (Effect of Fluoride Solution on Salivary Amylase Activity).

Willianti, Enny (2015) Pengaruh Larutan Fluoride Terhadap Aktivitas Amilase Saliva. (Effect of Fluoride Solution on Salivary Amylase Activity). Univ.Wijaya Kusuma Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
5. Pengaruh Larutan Fluoride Terhadap Aktivitas Amilase Saliva.pdf

Download (113kB)

Abstract

Abstrak Fluoride mempunyai pengaruh menguntungkan yang sistemik pada gigi terhadap karies, yaitu dalam menghambat karies dihubungkan dengan pembentukan fluorapatite selama pembentukan enamel. Fluoride juga digunakan secara lokal, misalnya pada obat kumur dan pasta gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah larutan fluoride menghambat aktivitas amilase saliva dan mengetahui berapa konsentrasi fluoride dalam saliva yang dapat menghambat aktivitas amilase saliva. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain “the post test only control group design”. Sampel diambil dari pasien dengan kriteria : pria atau wanita, usia 13-20 tahun, keadaan umum sehat, tidak menderita kelainan kelenjar ludah, tidak terdapat karies, tidak ada gingivitis. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan saliva dari sampel yang berpuasa pada malam harinya dilanjutkan dengan menggosok gigi tanpa pasta gigi pada pagi harinya, kemudian saliva direaksikan dengan amilum. Penelitian dilakukan dengan menggunakan reaksi warna dengan pemberian iodium. Penelitian yang sama dilakukan dengan pemberian NaF beberapa konsentrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir pada semua kelompok terdapat perbedaan aktivitas amylase saliva yang bermakna (p<0,05), kecuali antara kelompok tanpa NaF dengan 1 mM NaF dan 2 mM NaF, 1 mM NaF dengan 2 mM NaF, 2 mM NaF dengan 5 mM NaF, dan 5 mM NaF dengan 10 mM NaF (p>0,05). Kesimpulan pada penelitian ditemukan adanya pengaruh fluoride terhadap aktivitas amilase saliva . NaF pada konsentrasi 5 mM atau lebih berpengaruh dalam menghambat aktivitas amilase saliva. Kata kunci : amilase saliva, efek fluoride, larutan fluoride

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 05 Dec 2022 13:48
Last Modified: 05 Dec 2022 13:48
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year