Kartikasari, Erlin (2022) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. (Unpublished)
Text
III A1b2c + turnitin-1-8.pdf Download (351kB) |
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah merupakan gerakan yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca siswa. Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah ini telah dilaksanakan di semua jenjang pendidikan di seluruh Indonesia. Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah ini dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat. Penulis menggunakan desain literature review dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber jurnal yang relevan dengan Gerakan Literasi Sekolah selama kurun waktu lima tahun terakhir. Penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk membahas pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Indonesia serta faktor pendukung dan faktor penghambat gerakan tersebut. Hasil temuan yang didapatkan yakni: Faktor pendukung Gerakan Literasi Sekolah antara lain: 1) komitmen Kepala Sekolah yang baik untuk melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah, 2) peran para guru dan peserta didik serta komponen sekolah yang lain dalam menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah. 3) Ketersediaan dana yang cukup untuk menyediakan buku di perpustakaan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) minimnya jumlah buku yang tersedia di perpustakaan. 2) minat membaca peserta didik yang rendah, dan 3) kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan Gerakan Literasi Sekolah. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, buku, siswa.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 08:35 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:35 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13163 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year