Perbandingan efektivitas abate dengan ekstrak daun kenikir (cosmos caudatus) sebagai larvasida nyamuk aedes aegypti

Sina, Veridiana Claudia (2022) Perbandingan efektivitas abate dengan ekstrak daun kenikir (cosmos caudatus) sebagai larvasida nyamuk aedes aegypti. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univercity.

[img] Text
ABSTRAK,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (115kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ABATE DENGAN EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus) SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK Aedes aegypti VERIDIANA CLAUDIA SINA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas daya larvasida yang paling ampuh antara ekstrak daun kenikir (cosmos caudatus) dan abate dalam membunuh larva Aedes aegypti. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Sampel yang digunakan berupa larva nyamuk Aedes aegyti instar III sebanyak 240 ekor, masing-masing kelompok sebanyak 10 ekor larva, kemudian dimasukan kedalam gelas plastik ukuran 250 ml yang telah diisidengan air mineral dan ekstrak daun kenikir sesuai dengan kelompok perlakuan (P0, P1, P2, P3, P4, P5). Diamati setiap 15 menit sekali untuk mengamati lama kematian larva selama 2 jam. Hasil analisa statistic menunjukan nilai yang signifikan yang nyata dengan P0,00 (p≤0,05). Seluruh ekstrak kenikir dengan berbagai konsentrasi memperlihatkan hasil yang baik dalam membunuh larva Aedes aegypti, namun gengan rentang waktu yang berbeda satu sama lain. Pada meit ke 60 setelah perendaman, mortalitas 100% terjadi pada larva Aedes aegypti yang diberi ekstrak kenikir dengan konsentrasi 0,8% dan abate. Kelompok dengan konsentrasi 0,4% 0,2% 0,1% menimbulkan mortalitas 100% berturut-turut pasca perendaman dengan ekstrak kenikir di menit ke-75, 105, dan 105. Hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa ekstrak daun kenikir efektif sebagai larvasida pada berbagai konsentrasi berpotensi membunuh larva Aedes aegypti dengan rentang waktu berbeda tergantung pada konsentrasi yang digunakan. Kata Kunci : Ekstrak daun kenikir (Cosmos caudatus), larva nyamuk Aedes aegypti, Abate, Larvasida, Kematian.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ekstrak daun kenikir (Cosmos caudatus), larva nyamuk Aedes aegypti, Abate, Larvasida, Kematian.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: VERIDIANA CLAUDIA SINA
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:01
Last Modified: 13 Oct 2022 01:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year