Pengaruh pemberian ekstrak daun alamanda (Allamanda cathartica L.) terhadap kematian cacing dan histopatologis sel telur dalam uterus Heterakis gallinarum secara in vitro

Setiyarsih, Puji (2022) Pengaruh pemberian ekstrak daun alamanda (Allamanda cathartica L.) terhadap kematian cacing dan histopatologis sel telur dalam uterus Heterakis gallinarum secara in vitro. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (44kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami efek dari pemberian ekstrak daun Alamanda (Allamanda cathartica L.) berdasarkan waktu dan jumlah kematian serta histopatologis uterus Heterakis gallinarum. Sebanyak 50 ekor cacing diambil dari sekum ayam kampung yang didapat dari pasar Keputran. Pengamatan dilakukan dengan meletakkan 2 ekor cacing H. gallinarum dewasa kedalam masing-masing cawan petri yang diberi perlakuan NaCl fisiologis 0,9%, albendazole, ekstrak daun Alamanda 5%, 10%, dan 15%. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa P2 menunjukkan hasil terbaik terhadap waktu dan jumlah kematian cacing dan P4 memberikan hasil terbaik terhadap kerusakan histopatologis kutikula dan telur cacing. Kata kunci : Heterakis gallinarum, ayam kampung, daun Alamanda (Allamanda cathartica L.)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Heterakis gallinarum, ayam kampung, daun Alamanda (Allamanda cathartica L.)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: 82 Puji Setiyarsih UWKS
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:57
Last Modified: 07 Sep 2022 04:57
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year