Perbandingan tingkat kesembuhan luka bakar pada tikus putih (Rattus norvegicus) menggunakan ekstrak daun miana (Coleus scutellarioides)

Fanu, Maria Yohanita Nogo Luti (2022) Perbandingan tingkat kesembuhan luka bakar pada tikus putih (Rattus norvegicus) menggunakan ekstrak daun miana (Coleus scutellarioides). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (878kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (20kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kesembuhan luka bakar pada tikus putih (Rattus norvegicus) menggunakan ekstrak daun miana (Coleus scutellarioides). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan sampel terdiri dari 24 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan yaitu K- (salep vaselin), K+ (povidone iodine), P1 (ekstrak daun miana 70%), P2 (ekstrak daun miana 90%). Luka bakar dibuat pada bagian punggung tikus menggunakan besi berdiameter 20 mm. Penelitian ini dilakukan selama 15 hari. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan uji Kruskal Wllis dan uji Anova. Dari hasil uji statistik menggunakan uji Kruskal Wallis dan Anova setiap tingkat diameter luka bakar dan keradangan luka bakar menunjukan perbedaan yang nyata (p<0,05), antara K-, K+, P1, dan P2. Dari hasil tersebut H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ekstrak daun miana (Coleus scutellarioides) dapat menyembuhkan luka bakar pada tikus putih (Rattus Norvegicus) dengan perbandingan tingkat kesembuhan luka bakar pada perlakuan P2 konsentrasi 90% lebih efektif dibandingkan perlakuan P1 konsentrasi 70%. Kata kunci : Daun miana , Luka Bakar, Tikus putih.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Daun miana , Luka Bakar, Tikus putih.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Vetenary Education Study Program
Depositing User: 54261 Maria Yohanita Nogo Luti Fanu UWKS
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:00
Last Modified: 30 Aug 2022 00:00
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12148

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year