Studi literatur keterkaitan kepatuhan pemakaian alat perlindungan diri oleh petugas laboratorium dengan kejadian kecelakaan pada saat bekerja

pratama, adimas crysna arli (2022) Studi literatur keterkaitan kepatuhan pemakaian alat perlindungan diri oleh petugas laboratorium dengan kejadian kecelakaan pada saat bekerja. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Laporan plagiasi 1.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pekerja di Rumah Sakit penuh dengan risiko dan bahaya. Jika K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tidak dijalankan dengan baik bisa membahayakan seluruh pekerja yang ada di Rumah Sakit. Bahaya tersebut antara lain bahaya fisik, bahaya kecelakaan kerja, biologi, kimia, ergonomi, dan psikososial. Alasan inilah yang membuat K3 penting untuk dilakukan guna memperkecil potensi bahaya pada saat bekerja. World Health Organization (WHO) memberikan informasi sebanyak 3 juta tenaga kesehatan dari 35 juta terpapar patogen darah yang mengandung HBV, HBC dan HIV/AIDS. Lebih lanjut International Labor Organization juga menginformasikan adanya 625.600 kematian pekerja laki-laki dan perempuan pada saat melakukan pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan kepatuhan pemakaian alat pelindung diri oleh petugas laboratorium dengan kejadian kecelakaan pada saat bekerja. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan literatur berupa jurnal nasional maupun international. Literature yang terkumpul dianalisis dengan tabel Critical appraisal sebanyak 13 jurnal. Hasil penelitian menemukan jika dalam bekerja menggunakaan Alat Pelindung Diri (APD) sangat penting dalam memperkecil kecelakaan kerja yang dialami oleh petugas kesehatan di Rumah Sakit..

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: APD, Kecelakaan Kerja di Laboratorium
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: adimas crysna arli pratama
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:02
Last Modified: 08 Sep 2022 02:02
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11921

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year