Gambaran tingkat kendala pembelajaran daring ditinjau dari aspek materi pembelajaran, fasilitas belajar, waktu belajar, lingkungan belajar pada mahasiswa UWKS angkatan tahun 2018

Dianto, Ilham Nofa (2022) Gambaran tingkat kendala pembelajaran daring ditinjau dari aspek materi pembelajaran, fasilitas belajar, waktu belajar, lingkungan belajar pada mahasiswa UWKS angkatan tahun 2018. Bachelor (S1) thesis, universitas wijaya kusuma surabaya.

[img] Text
abstrak (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
cek plagiasi 2.pdf

Download (255kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Abstrak Pandemi COVID-19 menyebabkan kendala pembelajaran yang cukup besar, pembelajaran daring juga membutuhkan jaringan internet untuk dapat mengakses aplikasi atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Dengan begitu akan muncul banyak kendala saat pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kendala pembelajaran daring dimasa pandemi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UWKS. Sumber-sumber pustaka di dapatkan dari beberapa jurnal, buku dan dan tulisan lainnya dengan mengandalkan teori yang ada untuk diinterpretasikan secara jelas dan mendalam terkait fenomena yang di teliti. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kendala dalam kategori rendah dengan presentasi pada masing-masing variabel sebesar 63% rendahnya tingkat kendala materi pembelajaran yang dibagikan dosen selama perkuliahan daring, 33% rendahnya tingkat kendala fasilitas belajar yang tersedia secara pribadi di rumah selama perkuliahan daring, 43% rendahnya tingkat kendala waktu belajar yang dimiliki selama perkuliahan daring, dan 70% rendahnya tingkat kendala lingkungan belajar yang dimiliki selama perkuliahan daring. Kata Kunci: COVID-19, Kendala, pengaruh Abstract The COVID-19 pandemic causes considerable learning obstacles, online learning also requires an internet network to be able to access applications or media used in the online learning process. That way there will be many obstacles when implementing online learning. This study aims to describe the level of obstacles in online learning during the pandemic for UWKS Faculty of Medicine students. Library sources are obtained from several journals, books and other writings by relying on existing theories to be interpreted clearly and in depth related to the phenomenon being studied. based on the results of the study, it shows the level of obstacles in the low category with a presentation on each variable of 63% the low level of constraints on learning materials distributed by lecturers during online lectures, 33% low levels of constraints on learning facilities that are personally available at home during online lectures, 43% the low level of learning time constraints that they have during online lectures, and 70% of the low levels of learning environment constraints that they have during online lectures. Keywords: COVID-19, Constraints, influence

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Abstrak Pandemi COVID-19 menyebabkan kendala pembelajaran yang cukup besar, pembelajaran daring juga membutuhkan jaringan internet untuk dapat mengakses aplikasi atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Dengan begitu akan muncul banyak kendala saat pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kendala pembelajaran daring dimasa pandemi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UWKS. Sumber-sumber pustaka di dapatkan dari beberapa jurnal, buku dan dan tulisan lainnya dengan mengandalkan teori yang ada untuk diinterpretasikan secara jelas dan mendalam terkait fenomena yang di teliti. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kendala dalam kategori rendah dengan presentasi pada masing-masing variabel sebesar 63% rendahnya tingkat kendala materi pembelajaran yang dibagikan dosen selama perkuliahan daring, 33% rendahnya tingkat kendala fasilitas belajar yang tersedia secara pribadi di rumah selama perkuliahan daring, 43% rendahnya tingkat kendala waktu belajar yang dimiliki selama perkuliahan daring, dan 70% rendahnya tingkat kendala lingkungan belajar yang dimiliki selama perkuliahan daring. Kata Kunci: COVID-19, Kendala, pengaruh
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Ilham Ilham nofa dianto Ilham nofa dianto
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:51
Last Modified: 21 Sep 2022 01:51
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year