Alteri, Herdian (2022) Perbandingan tingkat kecemasan mahasiswa sistem blok dan sistem sks di fakultas kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (597kB) |
|
Text
plagiasi 2.pdf Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Mahasiswa fakultas kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma mempunyai dua sistem pembelajaran yaitu sistem Blok dan sistem SKS yang nantinya akan berubah menjadi hanya sistem Blok. Sistem SKS dirasa lebih ringan dibandingkan dengan pembelajaran sistem Blok. Dimana pada pembelajaran sistem blok mahasiswa harus lebih aktif dan lebih sibuk. Sementara mahasiswa yang menempuh sistem pembelajaran SKS yang dirasa lebih mudah, namun juga masih menimbulkan permasalahan bagi beberapa mahasiswa, dimana sebagian mahasiswa juga harus mengulang mata kuliah yang pernah diambil sebelumnya dan tidak diperbolehkan untuk melanjutkan mata kuliah yang seharusnya diambil di tahun berikutnya. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini guna mengetahui adakah perbedaan derajat kecemasan antara mahasiswa sistem blok dan sistem SKS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional, dimana peniliti menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HARS), yaitu untuk mengukur semua tanda kecemasan baik psikis maupun somatik dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann-Whitney. Dan dari hasil analisis, ditemukan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat kecemasan mahasiswa kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada sistem perkuliahan terintegrasi (sistem blok) dengan sistem perkuliahan tradisional (sistem SKS) pada mahasiswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji statistik Mann-Whitney dengan nilai p = 0,012 (> 0,05) Kata kunci : Tingkat Kecemasan, Sistem Blok, Sistem SKS ABSTRACT Medical faculty students at Wijaya Kusuma University have two learning systems, namely the Block system and the SKS system that will change only to Block system. The SKS system is considered lighter than the Block system learning. Where in the block system learning, students must be more active and busier. Meanwhile, students who take the SKS learning system are considered easier, but also still cause problems for some students, where some students also have to repeat courses that have been taken previously and are not allowed to continue courses that should be taken in the following year. Based on this description, the writer is interested in conducting this research to find out whether there is a difference in the degree of anxiety between students with the block system and the SKS system. The type of research used in this research is analytic observational using a cross sectional approach, where the researcher uses the Hamilton Rating Scale for Anxiety (HARS) questionnaire, which is to measure all signs of anxiety both psychological and somatic with a total sample of 40 respondents. The data analysis method used in this study is the Mann-Whitney test. And from the results of the analysis, it was found that there was a significant difference in the anxiety level of medical students at the Faculty of Medicine, Wijaya Kusuma University, Surabaya in the integrated lecture system (block system) with the traditional lecture system (credit system) for students. This is evidenced by the results of the Mann-Whitney statistical test with p value = 0.012 (> 0.05) Keywords: Anxiety Level, Block System, SKS System
Item Type: | Thesis (Bachelor (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kecemasan, Sistem Blok, Sistem SKS Anxiety Level, Block System, SKS System |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine > Medicine Study Program |
Depositing User: | 70 Alteri Herdian Satria Pratama uwks |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 01:13 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 01:13 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11879 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year