Penggunaan modal sosial dalam program wani jogo Suroboyo di RT 13/RW 09 Kelurahan Banyu Urip dalam program wani jogo Suroboyo)

sune, fransiska (2022) Penggunaan modal sosial dalam program wani jogo Suroboyo di RT 13/RW 09 Kelurahan Banyu Urip dalam program wani jogo Suroboyo). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak-1.pdf

Download (786kB)
[img] Text
kampung tangguh.pdf

Download (20MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Adanya modal sosial yang terbentuk seperti kepercayaan, norma dan jaringan sehingga pelakasanaan program Wani Jogo Suroboyo dapat berjalan secara efektif di tengah pandemi corona. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk modal sosial dalam mewujudkan program Wani Jogo Suroboyo di Kelurahan Banyu Urip RT 13/ RW 09 serta bagaimana modal sosial yang digunakan masyarakat Kelurahan Banyu Urip RT13/RW 09 dalam mendukung program Wani Jogo Suroboyo. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan bentuk modal sosial yang digunakan masyarakat Kelurahan Banyu Urip RT13/RW 09 dalam mewujudkan program Wani Jogo Suroboyo serta untuk mendeskripsikan modal sosial yang digunakan masyarakat Kelurahan Banyu Urip RT 13/RW 09 dalam mendukung program Wani Jogo Suroboyo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan naratif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi serta melakukan wawancara mendalam dengan warga RT 13/ RW 09 yang ada diKelurahan Banyu Urip. Sumber data berasal dari informan yang ada RT 13/ RW 09 Kelurahan Banyu Urip, informan yang ditemui sejumlah 5 orang dan teori yang digunakan milik James S. Coleman. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data milik Miles dan Huberman yaitu melalui tahapan Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, bentuk modal sosial yang dibangun masyarakat sehingga program Wani Jogo Suroboyo dikatakan berhasil. Adanya rasa saling percaya (trust), jaringan dan norma yang dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga program Wani Jogo Suroboyo yang digagas di tengah Covid-19 dapat dikatakan berhasil. Penggunaan modal sosial dibangun oleh masyarakat RT 13/ Rw 09 dalam mendukung ketangguhan kesehatan adanya kepercayaan antar warga, dan jaringan yang dibentuk dengan perangkat Rt/Rw/BPD/Tim Kesehatan dan norma yang dibentuk dengan menyita Ktp. Dalam ketangguhan keamanan modal sosial dibangun warga adanya kepercayaan kepada pengurus, membangun jejaring dengan bhabinkabtipmas. Terdapat peraturan yang tidak mengizinkan warga masuk wilayah RT 13jika tidak memiliki kepentingan. Modal sosial yang dibangun dalam ketangguhan pangan memberikan kepercayaan kepada pengurus.Membangun jejaring dengan warga untuk mengumpulkan dana. Norma yang diberlakukan adalah tidak mendapatkan bantuan bagi warga yang tidak berpartispasi/terlibat. Ketangguhan informasi adanya kepercayaan kepada pengurus dalam pelaksanaannya di tengah masyarakat. Jaringan dibangun Bhabinsakamptipmas perangkat Rt/Rw serta adanya norma yang dibentuk bagi yang melakukan pelanggaran berupa menyemprotkan disinfektan Di setiap rumah warga. Kata Kunci : Penggunaan Modal Sosial, Program Wani Jogo Suroboyo, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penggunaan Modal Sosial, Program Wani Jogo Suroboyo, Pandemi Covid-19
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Sociology Study Program
Depositing User: Fransiska Sune
Date Deposited: 20 May 2022 01:43
Last Modified: 20 May 2022 01:43
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year