Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar pada Materi Logaritma Matematika Kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Fatmala, Dewi Anggraita Dwi and Chamidah, Amalia and Emanuel, Endrayana Putut Laksminto (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar pada Materi Logaritma Matematika Kelas X MIPA 1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Dewi (18630005) Skripsi bagian awal.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Dewi (18630005) Cek Plagiasi.pdf

Download (15kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika peminatan dikarenakan beberapa hal seperti kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga keaktifan dan konsentrasi siswa cenderung masih rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan blended learning pada materi logaritma di kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, dengan desain one group prettest-posttest. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pre test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data analisis uji-t pada uji paired t-test, yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan blended learning dan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan blended learning.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran discovery learning, blended learning, hasil belajar, logaritma matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Language and Science > Mathematic Education Study Program
Depositing User: 63 Dewi Anggraita Dwi Fatmala UWKS
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:41
Last Modified: 12 Apr 2022 01:41
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11460

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year