Partisipasi politik keluarga prajurit TNI Angkatan Laut pada pemilihan walikota (Studi Kasus Pemilihan Walikota Surabaya 2020)

Aisjah, Herlina Nur (2022) Partisipasi politik keluarga prajurit TNI Angkatan Laut pada pemilihan walikota (Studi Kasus Pemilihan Walikota Surabaya 2020). Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LAPORAN PLAGIASI.pdf

Download (51kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Partisipasi politik merupakan bagian penting dari penerapan konsep demokrasi dalam sebuah negara demokrasi. Pengertian negara demokrasi yaitu adanya partisipasi rakyat yang diikutsertakan oleh negara di dalam pemerintahan, dan menjamin terpenuhinya hak dasar rakyat untuk kehidupan berbangsa, dan bernegara. Partisipasi masyarakat membutuhkan keterlibatan penuh dari para seluruh rakyat dalam mengambil keputusan, menjalankan keputusan dan bertanggungjawab pada konsekuensi dari keputusan yang telah disepakatinya. Adapun tujuan penelitian tentang Partisipasi Politik Keluarga TNI Angkatan Laut pada Pemilihan Walikota (Studi Kasus Pemilihan Walikota Surabaya 2020) adalah: a. Untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pemahaman keluarga prajurit TNI Angkatan Laut terhadap aturan netralitas TNI dalam Pemilihan Walikota Surabaya 2020, b. Untuk mengetahui dan menganalisa sejauh mana bentuk partisipasi politik keluarga prajurit TNI Angkatan Laut pada Pemilihan Walikota Surabaya 2020, c. Untuk mengetahui dan menganalisa implikasi netralitas anggota TNI Angkatan Laut pada keluarganya di dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota Surabaya 2020. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan mengadakan survei dan wawancara pada keluarga besar TNI Angkatan Laut yang berada dalam wilayah Perumahan TNI AL Kenjeran Surabaya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa a. Keluarga prajurit TNI Angkatan Laut telah mengetahui tentang adanya aturan netralitas TNI, b. Sebagai warga sipil yang mempunyai partisipasi dalam penyelenggaraan pemilu, maka keluarga TNI Angkatan laut hanya berpartisipasi sebagai pemilih saja, c. Implikasi netralitas anggota TNI Angkatan Laut pada anggota keluarganya yaitu mereka mengetahui bahwa anggota keluarganya mengikuti pemilihan walikota Surabaya dan memberikan kebebasan dalam melaksanakan pemilihan tersebut tanpa mempengaruhi atau memaksakan kehendaknya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Uncontrolled Keywords: Netralitas TNI Angkatan Laut, Partisipasi keluarga TNI Angkatan Laut.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master in Political science Study Program
Depositing User: Herlina Inung Nur
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:40
Last Modified: 31 Mar 2022 03:40
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11227

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year