Pengaruh ekstrak teh kombucha (Medusomyces gisevii) terhadap berat dan histologis limpa tikus wistar (Rattus norvegicus) yang diinfeksi Escherichia coli

Amelia, Jessica (2022) Pengaruh ekstrak teh kombucha (Medusomyces gisevii) terhadap berat dan histologis limpa tikus wistar (Rattus norvegicus) yang diinfeksi Escherichia coli. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (814kB)
[img] Text
PERSEN PLAGIASI.pdf

Download (41kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ekstrak teh kombucha (Medusomyces gisevii) terhadap berat dan histologis limpa tikus wistar (Rattus norvegicus) yang diinfeksi Escherichia coli. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap sebanyak 24 ekor tikus wistar jantan dibagi ke dalam 4 perlakuan 2 kontrol, dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari K+ kontrol sakit, K- kontrol normal, ekstrak teh kombucha dosis 30% pada P1; 40% pada P2; 50% pada P3; dan 60% pada P4. Tikus diberi ekstrak teh kombucha selama 28 hari setelah 1 minggu pengadaptasian, sesuai dengan kelompok perlakuan. Tikus diinfeksi Escherichia coli pada hari berikutnya, sebanyak 1 ml dengan dosis 10¬6cfu/ml secara intraperitonial. Tikus dieuthanasi, dinekropsi dan diambil organ limpa. Proses berikutnya penimbangan berat limpa dan pembuatan prepat histologis. Pengukuran histologis menggunakan software Image J. Analisa data menggunakan uji ANOVA dan uji DMRT. Hasil menunjukan (P>0,05) tidak terdapat perbedaan nyata berat limpa antara perlakuan. Histologis limpa tikus menunjukan (P<0,05) terdapat perbedaan yang sangat nyata antar perlakuan. Perlakuan ekstrak teh kombucha 60% memiliki ukuran pulpa putih tertinggi 440,6 µm, germinal center tertinggi 227,3 µm, dan zona marginalis tertinggi 171,6 µm. Hasil penelitian menunjukan ekstrak teh kombucha dapat meningkatkan berat limpa, diameter pulpa putih, diameter germinal center, dan lebar zona marginalis pada dosis 60% dan 40%. Kata Kunci : Ekstrak Teh Kombucha, Berat Limpa, Diameter Pulpa Putih, Diameter Germinal Center, Zona Marginalis.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Teh Kombucha, Berat Limpa, Diameter Pulpa Putih, Diameter Germinal Center, Zona Marginalis.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: 82 Jessica Amelia UWKS
Date Deposited: 15 Mar 2022 08:35
Last Modified: 15 Mar 2022 08:35
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year