Hubungan antara riwayat berat badan lahir rendah (BBLR) dengan keterlambatan perkembangan motorik anak usia 0-5 tahun (Literature Review)

Pujiastari, Ni Made Sintia (2021) Hubungan antara riwayat berat badan lahir rendah (BBLR) dengan keterlambatan perkembangan motorik anak usia 0-5 tahun (Literature Review). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PROSENTASE.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kejadian berat badan lahir rendah (BBLR) dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu faktor ibu (misalnya status gizi dan usia kehamilan), faktor kehamilan (misalnya preeklamsia dan ketuban pecah dini), dan faktor janin (misalnya kelainan kongenital dan kelainan plasenta). Faktor-faktor tersebut menyebabkan terganggunya pemenuhan dan penyaluran nutrisi dari ibu ke janin. Bayi BBLR cenderung mengalami gangguan pada fungsi sel saraf. Gangguan tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan menjadi lebih lambat atau bahkan gagal mencapai tingkat perkembangan yang seharusnya mengalami kemajuan yang pesat saat berusia di bawah 5 tahun (balita) terutama pada perkembangan motorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara riwayat BBLR dengan keterlambatan perkembangan motorik anak usia 0-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Hasil analisis yaitu hubungan antara BBLR dengan keterlambatan perkembangan motorik dalam literatur yang diperoleh ditunjukkan dari hasil uji univariat dan atau uji bivariat yang memperoleh p-value < α (0,05) yang artinya terdapat hubungan yang bermakna. Keterlambatan motorik yang meliputi motorik halus dan kasar dinilai menggunakan DDST II, BSID III, dan PDMS II. Usia terkecil pada sampel yang dinilai perkembangan motoriknya dalam penelitian ini berusia 3 bulan, dimana perkembangan motorik yang seharusnya dapat dicapai seperti mengangkat kepala setinggi 45o dan menggerakkan kepala dari kanan atau kiri menuju ke tengah. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara BBLR dengan keterlambatan perkembangan motorik anak usia 0-5 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), Tumbuh Kembang, Motorik, Balita
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Ni Made Sintia Pujiastari UWKS
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:44
Last Modified: 02 Feb 2022 03:44
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year