Pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekpresi perlekan tubulus proksimal renalis pada model tikus osteoarthritis ( rattus norvegicus strain wistar )

., Lum'anah (2022) Pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekpresi perlekan tubulus proksimal renalis pada model tikus osteoarthritis ( rattus norvegicus strain wistar ). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text
plagiasi besar prosentase.pdf

Download (233kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Tubulus Proksimal juga secara aktif mereabsorbsi semua glukosa dan asam amino hasil filtrasi dan sekitar 85 % Natrium Klorida dan ion – ion lain. Pada penelitian Ibrahim Njoto et al,2019 didapatkan hasil bahwa paparan hiperglikemia yang diberikan menyebabkan terjadi penurunan ekspresi perlekan dan level mRNA perlekan, dimana pada kasus tikus yang terkena OA+Diabet perlekannya semakin jelek, akibatnya akan menyebabkan kedepannya OA akan bertambah parah, penyebab OA yang bertambah parah tersebut yaitu melalui glikasi sel maupun molekul protein. Berdasarkan penelitian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui dampak atau pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi perlekan pada tubulus proksimal renalis tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Wistar). Dimana dalam penelitian ini dilakukan lebih mendalam tentang perlekan Tubulus Proksimal Renalis, yang terbagi dalam dua tahap penelitian yaitu: tahap 1 tentang bagaimana keadaan px OA yang telah terpapar hiperglikemia selama 3,4,6 minggu pada Tubulus Proksimal Renalis kelompok OA+DM. Sedangkan penelitian tahap 2 tentang tentang bagaimana keadaan px OA yang telah terpapar hiperglikemia selama 3,4,6 minggu pada Tubulus Proksimal Renalis kelompok OA. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling serta menggunakan desain Post- Test Only Control Group Design. Metode ini juga digunakan untuk 3 kelompok OA + DM dan 1 kelompok control. Sehingga, sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 20 buah organ Tubulus Proksimal Renalis tikus putih Wistar jantan. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan uji one-way ANOVA. Dan dari hasil analisis data yang dilakukan, didapatkan fakta sudah adanya pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi perlekan Tubulus Proksimal Renalis pada model tikus Osteoarthritis, dimana hasil nilai rata-rata ekspresi perlekan Tubulus Proksimal Renalis pada kelompok ekspresi perlekan Tubulus Proksimal Renalis minggu ke-3 : 231.659 , pada minggu ke-4 : 287. 406 , pada minggu ke-6 : 205. 294. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai uji analisis sebesar 0.020 yang berarti nilai signifikan. Kata kunci : Durasi Hiperglikemia, Ekspresi Perlekan Tubulus Proksimal Renalis, Osteoartritis

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Durasi Hiperglikemia, Ekspresi Perlekan Tubulus Proksimal Renalis, Osteoartritis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Lum' Anah
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:07
Last Modified: 02 Feb 2022 04:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year